Tips Merawat Cendet Lebih dari Satu

Ada yang mengatakan kalau memelihara burung kicauan sejenis sebaiknya cukuplah 1, misalnya jika merawat cendet jangan merawat lebih dari 1 ekor burung cendet juga, namun boleh memelihara burung kicauan lainnya seperti Cucak Ijo atau Kacer. demikian juga untuk burung murai, sebaiknya cukup memelihara 1 saja, alasannya sih beragam, namun bagaimana kalau sudah terlanjur gandrung dan ingin memelihara beberapa burung sejenis? berikut ini tips dari putera gembala.

Tips Merawat Cendet lebih dari satu :

  • Sifat burung cendet yang petarung dan ganas bila bertemu atau melihat dengan lawannya (burung sejenis) merupakan alasan utama, karena bila setiap hari bertemu sangat mungkin burung malah tidak akan tarung, melainkan sudah menganggap sebagai teman dekat, sehingga kedua burung malah hanya membisu bila di dekatkan.
  • Untuk menyiasati hal tersebut, lakukan perawatan yang berbeda atau tidak bersamaan, mulai dari penjemuran, pemandian hingga waktu pemberian makan.
  • Bila terpaksa harus menjemur diwaktu yang sama usahakan burung satu dengan burung lainnya tidak saling melihat, baik dengan cara di sekat atau diletakkan di tempat yang dipisahkan oleh tembok maupun pepohonan.
  • Apalagi yang dipelihara adalah Cendet Muda dan Cendet Mapan (tua), yang muda jangan sampai melihat cendet tua, karena burung muda akan mudah ngedrop dan biasanya akan terbawa hingga tua. 
  • Bila ingin ngetrek burung muda dengan burung lainnya, lakukan hanya sekitar 10 atau 15 menit saja, kemudian yang tua harus lebih dulu di ambil, dan biarkan yang muda beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dulu baru di ambil dan dikerodong.

Kesimpulannya, tidak masalah memelihara burung sejenis lebih dari satu asalkan bisa mengatur perawatan sehingga tidak saling bertemu setiap hari.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala