Burung Juga Butuh Istirahat Yang Cukup

Tidak hanya manusia, burung pun membutuhkan nutrisi dan waktu istirahat yang cukup untuk mendapatkan stamina yang prima agar bisa berkicau dengan baik dan rajin. Bila burung kekurangan dua unsur tersebut maka dapat dipastikan burung tidak akan berkicau sesuai dengan apa yang kita inginkan. Sedangkan untuk memenuhi kedua unsur ini burung harus berada dalam kondisi jinak, yaitu dalam artian burung sudah tidak takut lagi dengan manusia dengan berbagai aktifitasnya setiap hari.

Tulisan ini kami muat berdasarkan pengalaman pribadi Mr Chen yang mengalami sulitnya merawat burung di tempat parkiran 24 jam. Hilir mudik aktivitas manusia dan suara gaduh sepanjang waktu bukanlah tempat favorite bagi burung untuk bertempat tinggal, namun manusia dengan egoisnya memaksa burung untuk hidup dan berkicau disana.

Hanya burung yang telah jinak dan memiliki mental yang baguslah yang mampu bertahan hidup dengan baik, berkicau dipagi hari hingga sore hari. Pemberian nutrisi atau makanan yang lezat saja tidak cukup membuat burung akan berkicau, namun dengan kesabaran yang tinggi burung burung pun akan berkicau, dengan estimasi waktu yang tidak terhingga.

Berdasarkan pengalaman itu, akhirnya hanya beberapa burung hasil ternakan saja yang cocok untuk dipelihara di tempat yang ramai seperti ditempat parkiran umum maupun dirumah kost yang hilir mudiknya tidak pernah berhenti. 

Akhirnya kami simpulkan, inilah beberapa burung yang memiliki mental bagus untuk dipelihara dilingkungan manusia dengan berbagai aktivitasnya, karena burung ini memiliki mental yang bagus dan sudah begitu dekat dengan manusia :
  • Lovebird
  • Kenari
  • Perkutut
  • Derkuku
  • Cucak Hijau
  • Trucukan

Sedangkan burung burung seperti Cendet, Kacer, Murai dan Cucak Rowo sangat mudah stress untuk bisa bertahan hidup di lingkungan yang ramai dengan kondisi seperti yang kami jelaskan diatas. 

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala