Cara Melatih Mental Burung Cucak Ijo Bahan

Burung Cucak ijo adalah burung yang paling mudah dalam pemeliharaan, pakan yang mudah dan pola Perawatan yang mudah menjadikan burung ini begitu diminati Kicau Mania dibandingkan merawat Burung Murai Batu yang butuh biaya mahal untuk beli kroto, Sedangkan Merawat Cendet terkadang sedikit sulit terutama untuk Cendet yang suka banyak tingkah dan b'rahi yang mudah naik.

Cucak Hijau bukanlah burung petarung sehingga berkicaunya burung ini karena stamina dan kestabilan b'rahinya. Lain halnya dengan burung cendet yang mudah berkicau dan memiliki gaya fithter. Agar burung cucak ijo mau berkicau dimana pun tempat, hal yang perlu dilakukan adalah merawat burung ini dengan penuh perhatian. Kemudian sering membawa burung berjalan-jalan atau gathering ke beda tempat.

Saya dulu pernah memelihara Cucak Ijo yang sangat rajin berkicau dirumah dari pagi sampai sore, sayangnya burung itu malas atau tidak mau berbunyi bila dibawa ke lapangan atau ketempat lain, hal ini disebabkan burung yang kurang terlatih, berdasarkan itu akhirnya dapat kita terapkan cara melatih burung biar memiliki mental yang bagus.

Cara Melatih Mental Burung Cucak Hijau (ijo)
  • Burung sebaiknya di kerodong setiap malam dan waktu ngurak
  • Burung juga dimandikan setiap hari.
  • Menjemur burung dengan cara di pindah pindah tidak hanya dirumah, untuk penjemuran dan penggantungan bisa di bawa kerumah teman untuk meningkatkan mental.
  • Bawalah burung jalan-jalan dengan kendaraan di gendong atau dibawa pakai mobil.
  • Sesekali bawalah ketempat latber agar burung terbiasa mendengarkan kicauan dan riuhnya arena perlombaan, meskipun burung tidak dilombakan cukuplah di gantang di agak kejauhan namun bisa mendengar suara di sekitar lomba.
  • Selain metode perawatan tersebut, burung juga harus memiliki stamina yang stabil dengan memberikan makanan yang cukup sehingga burung memiliki keberanian untuk berkicau. Hal ini selaras bahwa bila burung dalam keadaan lapar atau kurang gizi maka jangan berharap burung akan rajin berkicau.

Itulah hal yang perlu di lakukan agar burung cucak ijo lebih rajin berkicau. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk rekan rekan Gembala news sekalian

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala