Kepodang Burung Yang Cantik nan Indah

Burung Kepodang (Podang, Oriolus chinensis) adalah burung yang cantik dan rajin merapikan bulu (bersolek), burung ini juga sangat rajin berkicau bila merasa nyaman dan kenyang di dalam pemeliharaan maupun di alam liar. Begitu mudahnya memilihara burung ini sehingga banyak sekali pecinta burung podang yang memelihara dirumah untuk penjaga rumah maupun untuk kicauan.

Kicauan Burung Kepodang sangat nyaring dan keras sehingga akan menjadi hiburan dan membangunkan pemiliknya di pagi hari. Sayangnya populasi burung ini di alam liar sudah sangat berkurang dan jarang kita temui berkicau seperti 20 tahun yang lalu. 

Manuk Podang oleh orang Jawa Tengah dipercaya memiliki aura yang baik untuk menjaga rumah, selain itu dengan kepiawaiannya memelihara bulu-bulunya sehingga selalu tampak cantik diyakini sangat baik untuk ritual tingkepan (7 bulanan) ibu hamil, dimana mereka menanamkan harapan agar anak yang lahir nanti akan memiliki paras yang cantik atau ganteng seperti burung Podang.

Karena sering dijadikan ritual itulah sehingga populasi burung kepodang di jawa tengah semakin jauh berkurang sehingga membutuhkan upaya penangkaran agar burung tidak benar-benar punah. Dengan artikel ini Gembala News menyarankan kepada pengunjung untuk giat menangkarkan burung podang karena selain hobi bisa juga dijadikan ladang bisnis sebab banyak orang yang percaya dengan ritual seperti yang kami sebutkan diatas.

Burung Kepodang memiliki warna yang bagus yaitu warna kuning yang cerah berpadu dengan warna hitam, warna yang mengkilap menjadikan burung ini semakin tampak mempesona. Dalam pemeliharan yang lama burung kepodang bisa juga berkicau hampir menyerupai kicauan Burung Cucak Rowo.

Suara Clang Cling Clung nya adalah nada panggil yang mampu di dengar dalam radius puluhan hingga ratusan   meter, bila dipelihara di sekitar perumahan yang sunyi tentu saja akan menjadi nada alarm yang sangat bagus dipagi hari.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala