Mengapa Cendet Suka Salto?

Burung Cendet adalah burung predator yang lincah dan cerdas, lincah dalam artian mampu berliuk liuk di udara, memutar badan di udara atau sering kita sebut Salto dengan tujuan untuk mengejar mangsa yang berkelit, karena mangsa burung cendet adalah burung kecil yang lincah, belalang yang bisa terbang maupun binatang kecil seperti cicak dan kalajengking. Kemampuan istimewa burung cendet itu seakan menjadi boomerang bagi Pecinta burung ini, karena sebagai pecinta burung cendet anda berharap memiliki burung yang tenang di tenggeran sambil berkicau.

Pernyataan diatas jelas adalah sebuah jawaban atas pertanyaa, Mengapa Burung Cendet Suka Salto? Filosofi dan karakter dasar burung inilah sehingga dia suka bertingkah salto, lalu sebagai pecinta burung apa yang mesti anda lakukan agar burung Cendet menjadi tenang dalam berkicau? Sebelum menjawab ini, pahami dulu penyebab mengapa burung menjadi banyak tingkah atau salto?

Pahami penyebabnya, barulah dicari solusinya...

Burung banyak tingkah (salto) disebabkan oleh kondisi psikis yang tertekan (stress), disebabkan oleh pola perawatan yang berubah, tempat tinggal yang berpindah, kalah bertarung (ngedrop), Sangkar jatuh dan Stress Perjalanan. 

Bila anda mendapati indikasi penyebab burung cendet salto adalah hal hal diatas, maka yang perlu anda lakukan adalah :
  • Isolasi, tempatkan burung ditempat yang sepi dari segala aktivitas manusia dan jangan pertemukan dengan burung cendet lainnya.
  • Kerodong, berikan perlindungan yang maksimal, buat burung merasa nyaman dan tenang untuk ber istirahat di dalam sangkar yang dikerodong dan tanpa gangguan.
  • Extra Fooding, untuk memulihkan stamina dan meningkatkan semangat hidup berikan EF yang cukup hingga burung mau berkicau dan tenang. 
  • Pemandian, Mandikan burung hanya bila burung minta dimandikan dengan tanda mencelukan kepala di cepuk minum.
  • Perawatan setelan seperti biasanya saja. yang utama adalah burung selalu di kerodong paling tidak 3 hari baru dibuka.

Untuk burung yang salto karena kelebihan hormon reproduksi yang biasa disebut dengan over b'rahi, hal yang perlu dilakukan adalah memandikan burung pagi hari dan malam hari, seperti dalam tulisan kami terdahulu di Cara Mengatasi Cendet OB.

Sekian, Selamat mencoba... dan Salam Cendet Mania...

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala