Merawat Cendet Betina Harus Lebih Sabar

Untuk Cendet Mania, semua jenis burung berkicau baik jantan maupun betina memang mau berkicau, hanya saja perlakuan untuk burung cendet betina harus lebih sabar merawatnya karena agar berkicau dengan rajin dan nagen burung ini harus berada dalam kondisi terbaik, sehat, mental yang bagus dan berada pada b'rahi yang benar benar pas. 

Hal ini tentu berbeda dengan Cendet Jantan yang lebih mudah dalam perawatan dan membuatnya berkicau, memaster burung cendet Jantan terbukti lebih mudah daripada Cendet Betina. Meskipun beberapa media/blog menyebutkan bila Cendet Betina akan lebih tenang dan nagen saat dilombakan bahkan menyabet gelar juara namun untuk mencapai itu saya rasa akan sangat sulit.

Jika ingin melatih kesabaran dan mencari sensasi yang berbeda dari memelihara Cendet, maka bisa mempertimbangkan untuk memelihara Cendet Betina. Keuntungan lain, bila anda berhasil membuat Cendet Betina jinak dan rajin berkicau maka langkah selanjutnya anda bisa mencoba untuk membudidayakannya. Karena Cendet Jantan sudah banyak dipelihara oleh Cendet Mania, sehingga mencarikannya jodoh akan lebih mudah.

Cendet Mania Junior terkadang dibuat bingung, merawat cendet jantan atau betina yang lebih baik? Menurut Gembala lebih baik jangan dipelihara, biarkanlah burung burung itu bebas lepas mencari kehidupan di alam raya ini tanpa kita mengganggunya. 

Namun jika anda memang sudah ngebet ingin memelihara sebagai obat kerinduan alam di desa, kami rasa Cendet Jantan lebih baik dan lebih mudah dibuat berkicau, meskipun tidak tertutup kemungkinan Cendet Betina juga dapat dipelihara dan dibuat rajin berkicau.

Pada kenyataannya, Burung Cendet Jantan Kepala Hitam memang memiliki fisik yang lebih gagah dan tampak gahar dibandingkan cendet betina yang hitamnya hanya sedikit di sekitar kepala.

Mengapa pelihara Cendet Betina harus lebih sabar? 
Karena burung cendet betina lebih sulit mencapai puncak brahinya, padahal untuk membuatnya berkicau burung harus berada pada kondisi brahi yang pas. Materi isian lagunya pun lebih monoton, untuk itu memelihara Cendet betina sebaiknya dari lolohan, sehingga bisa mengajari 1-4 lagu andalan saja tanpa mempedulikan lagu yang lain. hal ini berbeda dengan Cendet Jantan yang memiliki banyak variasi lagu agar menjadi daya tarik bagi cendet betina.

Master/isian burung Cendet Betina favorite :
Belalang, Cililin, Tengkek Buto dan gereja Tarung, cukuplah 4 lagu ini yang selalu di ajarkan dan didengarkan sejak burung masih di loloh. memasternya pun cukuplah di pagi hari dan senja hari dalam tempo 1 jam. 
Dengan kesabaran tingkat tinggi dan konsisten dalam merawatnya, Insya Allah burung cendet betina akan menjadi burung andalan di Arena.

Sayangnya, rujukan web blog Cendet Mania tidak ada yang menyebutkan nama besar cendet betina yang berhasil menyabet gelar juara di lomba kelas Nasional. Padahal Cendet Mania sangat berharap di publikasi untuk pembuktian, sehingga hal ini tidak  hanya menjadi kabar burung.

---------------------------------------------------------------------------
Sebaik-baik tempat Berlindung adalah ALLAH SWT, karena DIA melindungi seluruh alam jagad raya ini dengan perlindungan terbaiknya.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala