Cucak Ijo Cara Merawatnya Sangat Mudah

Cucak Ijo Sumatera
Burung Cucak Ijo sangat tinggi popularitasnya di kalangan kicau mania, karena Harga Burung ini dari masa ke masa terus menunjukkan kelas yang tinggi. Selain itu faktor adanya lomba burung cucak ijolah sehingga harga burung ini terus melambung tinggi. Dengan perawatan yang baik burung ini bisa berkicau dengan lantang dan sangat menghibur, apalagi burung ini dirawat dengan memaster kicauan yang sesuai, karena dalam suatu lomba materi isian juga sangat berpengaruh dalam suatu penilaian.

Secara umum perawatan burung cucak ijo sangatlah mudah karena makanannya pun sangatlah mudah bisa kita temukan, yaitu berupa buah-buahan yang manis rasanya. seperti buah pisang dan pepaya sebagai makanan yang murah meriah dan mudah untuk kita temukan.

Cara mudah merawat cucak ijo :
  • Setiap malam sebaiknya burung dikerodong agar burung bisa beristirahat dengan tenang, karena dengan istirahat yang nyaman maka burung akan berkicau di esok hari.
  • Esok hari burung dikeluarkan dari rumah, kemudian burung di angin-anginkan diteras sampai jam 7 atau jam 8. kemudian burung dimandikan bisa dikeramba atau pun disemprot.
  • Setelah mandi berikan jangkrik 3 ekor
  • Setiap 2 hari sekali kalau bisa berikan kroto 1 sendok, jika tidak cukuplah diberi jangkrik seperti diatas.
  • Setelah diberi jangkrik, selanjutnya burung dijemur sekitar 1 jam atau sampai bulu-bulunya kering.
  • Siang hari burung digantung di teras atau ditempat yang sejuk, dengarkanlah kicauannya. 
  • Seminggu sekali sebaiknya burung diajak jalan-jalan atau gathering dengan teman agar mental burung terasah dan burung mau berkicau dimana pun tempat.
  • Setiap hari burung sebaiknya diberi buah segar seperti pisang atau pepaya, pemberian pepaya sebaiknya dijadwal setiap 3 hari sekali agar birahi burung bisa terjaga dan stabil. karena burung ini bila terlalu OB juga kurang baik kicauannya. sedangkan bila kurang birahi burung akan jadi malas berkicau.
  • Kerodong burung hanya setiap malam, kecuali ketika burung dipersiapkan untuk lomba, maka sejak H-2 burung sudah bisa dekerodong dan tidak dipertemukan dengan burung sejenis agar stamina burung terjaga.
Ketika burung cucak ijo sedang mabung
Saat mabung burung cucak ijo dan kebanyakan burung berkicau, mereka jadi malas berkicau, untuk itu akan lebih baik bila burung selalu dikerodong baik siang maupun malam, mengenai setingan makan bisa menggunakan setingan harian atau ditingkatkan jumlah EF nya. Adapun makanan buah yang cocok saat mabung adalah pisang kepok yang diganti setiap hari.

Itulah Cara Mudah Merawat Cucak Ijo  yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat untuk rekan-rekan sekalian...


0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala