Tips Agar Burung Pleci Cepat Buka Paruh

Apakah para juragan masih ada yang pelihara burung pleci? Di Surabaya lomba burung pleci memang sedang meredup, namun di daerah lain dan lomba dalam skala besar masih membuka kelas burung pleci, maka tak ada salahnya bila pada kesempatan kali ini kita mengulas secara singkat Tips Agar Burung Pleci Cepat Buka Paruh. Dalam Gembala news kita, semua burung pleci tentu saja burung yang  mudah berkicau, dimana pada awalnya burung ini hanya akan ngriwik atau berkicau dengan suara yang pelan dan paruh yang masih tertutup atau terbuka sedikit.

Burung Pleci
Cara Merawat Burung Pleci agar bisa bertahan hidup dan berkicau sekedarnya memanglah mudah, karena burung hanya perlu diberi makanan kesukaan dan minuman yang bersih. Namun sayangnya hal ini tidak cukup membuat puas karena burung pleci yang baik adalah yang rajin berkicau dengan paruh yang terbuka. Ya, Buka Paruh adalah istilah yang digunakan untuk burung pleci yang mau berkicau dengan suara yang lantang. 

Meskipun ada sebagian orang yang beranggapan bila burung pleci mau buka paruh karena burung tersebut memang memiliki ciri khas dan mental  yang kuat, namun setidaknya dapat kita upayakan agar burung mau bekerja seperti itu, hal ini sesuai dengan penuturan sang master pleci Om Gondrong dari Kissawa.

Berikut ini adalah Tips Merawat Pleci Agar Cepat Buka Paruh :
  • Pelihara pleci lebih dari satu, paling tidak 3 atau 5 ekor, setiap hari burung ditempatkan berdekatan satu dengan lainnya tanpa dikerodong.
  • Makanan buah pisang matang setiap hari diberikan
  • Berikan juga bubuk bubur sun rasa pisang untuk meningkatkan kesehatan burung.
  • Secara bergantian 1 burung dikeluarkan setelah subuh keluar rumah yang bisa terkena embun pagi, sekitar jam 5 pagi, biarkan burung menikmati udara pagi dan menyambut terbitnya matahari, yang di istilahkan dengan pengembunan.
  • Sementara 1 dikeluarkan, yang lain biarkan di dalam rumah, biasanya burung 1 yang dikeluarkan tadi akan berkicau lantang dengan nada panggil dan sesekali berkicau merdu dengan lagu yang dikuasainya. Bila pagi itu burung tak mau berkicau lantang dan buka paruh, maka esok harinya lakukan pada burung yang lain. 
  • Selain teknik pengembunan seperti hal tersebut, tips lainnya adalah burung dibiarkan berdekatan seharian, kemudian 1 ekor burung pleci dikeluarkan atau pisah dari teman temannya di sore hari sekitar jam 4 sore dan terkena sinar matahari sampai matahari terbenam dan biarkan burung tetap diposisinya sampai malam hari dan esok harinya. 
  • Lakukanlah uji coba satu persatu pada kelima burung pleci milik anda, perawatan mandi dan pembersihan sangkar seperti biasa saja, kapan anda ada waktu.
  • Setelah di embunkan tidak juga menemukan Pleci yang mau buka paruh, selanjutnya anda bisa mencoba mencari pleci betina dipasar, kemudian masukkan sangkar yang kecil dan gantung burung pleci betina tersebut diantara 5 burung pleci jantan. Untuk melihat tingkat birahi dan kicauan burung pleci karena bersaing mendapatkan si betina, maka pisahkan 1 pleci jantang, pilih terutama yang sudah mau mengejar si betina.

Itulah tips agar burung pleci mau berkicau buka paruh, meskipun ini rahasia namun bagi saya ini adalah hal yang sngat penting agar burung pleci rajin berkicau dan buka paruh. 

Selamat Mencoba....

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala