Raptoprs Club Indonesia : Mahalnya Biaya Merawat Elang

Bird keeper cewek
Dalam artikel Mengenal Burung Elang telah kita bahas bahwa Burung Elang adalah jenis burung predator yang makanannya berupa daging atau hewan kecil lainnya yang ada di hutan. Karena suka memakan hewan kecil itulah maka burung ini disebut predators. Jika anda ingin merawat burung predator ini maka ketahuilah bahwa merawat burung ini sangat mahal harganya. Jadi untuk yang berkantong tipis mending jauhkan niat untuk merawatnya.

Gembala News mendapatkan kutipan dari Mnc News tentang curhat para awak Raptors Club Indonesia, yaitu sebuah wadah komunitas pecinta burung predator di Indonesia yang penghuninya tidak semeriah dengan Bird Lover lainnya. Sifat agresif burung elang predator bisa membahayakan dan komunitas raptors Indonesia punya cara untuk memeliharanya. Hobi memelihara elang predator tidak biasa karena selain mahal, elang itu juga harus mendapat perlakuan khusus dalam perawatannya. Hal itu justru menjadi tantangan tersendiri pagi penggemarnya. Itu sebabnya anggota komunitas Raptors Club Indonesia yang berdiri tahun 2010 ini, tak begitu banyak.

Sama dengan burung peliharaan lain, Elang juga dapat dilatih untuk memiliki keahlian tertentu. Bedanya, atraksi elang lebih terkesan garang. Elang bisa terbang menukik serta terbang mengambil daging yang ada di kepala. Terdapat dua jenis elang laut dewasa dan empat ekor elang bondol pada komunitas itu. Burung burung elang tersebut dilatih oleh seorang Bird Keeper yang sekaligus merawat kesehatan burung preadator tangguh tersebut.

Memelihara Elang predator terbilang bukan hobi murah karena untuk perawatan satu burung saja bisa mencapai jutaan rupiah per bulannya. Belum lagi diperlukan peralatan keselamatan seperti glove, anglet dan swifle. Komunitas ini punya perjanjian dengan Balai Konservasi  yaitu melepas ke habitat alamnya bila burung elang peliharaan dianggap siap secara usia, fisik dan mental. Jadi memelihara elang predator itu bukan untuk dikoleksi tetapi juga untuk menjaga kelestariannya.

Lalu apakah anda tertarik untuk merawat dan melatih burung Elang yang terkenal sebagai predator itu? hati hati lho yaaa... kalau anda tidak bisa merawatnya dengan baik, bukannya burung menjadi jinak tapi malah bertambah galak dan akhirnya tangan anda atau telinga akan menjadi korban gigitan burung elang. Apalagi cengkeraman burung ini juga sangat tajam dan kuat, melebih cengkeraman burung Cendet yang terkenal juga sebagai predator kecil.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala