Habitat dan Makanan Burung Salome (Cici Merah)

Burung Salome adalah istilah burung untuk burung Cici Merah sebagaimana yang dituturkan oleh pecinta burung mungil dan pedagang burung di PB Kupang - Surabaya. Burung ini sangatlah kecil seukuran burung prenjak atau pleci, namun burung ini sangat lincah karena berat burung ini juga cukup ringan. Penangkaran burung Salome hingga saat ini saya rasa belumlah ada, sehingga saya menyimpulkan bila burung ini kalau sampai ke kota Surabaya dan ada di pasar burung, itu pastilah burung tangkapanas hutan. 

burung Salome (cici merah)
Karena habitat asli burung Salome adalah persawahan dan padang rumput maka bila anda bermaksud untuk memelihara burung ini di dalam sangkar, maka anda harus mengetahui jenis makanannya. Karena ketersediaan makanan yang dikehendaki adalah sumber kehidupan baginya.

Sebagaimana penuturan Mr. Kicau, burung salome habitatnya tersebar luas di tanah air ini, dimana burung ini kerap ditemukan dipersawahan di pulau jawa, sumatera bahkan di kalimantan. adapun negara bagian penyebaran burung ini meliputi Afrika, Eropa selatan, India, Cina, Jepang, Filipina, Asia tenggara, Semenanjung Malaysia, Australia utara. Di indonesia bisa ditemukan di Sumatera, Jawa, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, Papua.

Makanan Burung Salome
Seperti halnya burung prenjak dan ciblek, makanan utama burung ini di alam liar adalah ulat daun yang kecil dan laba-laba kecil. Sementara bila anda rawat di sangkar bisa anda berikan Ulat Kandang yang kecil-kecil dan telur semut atau kroto. Meski demikian dalam waktu yang lama, burung Salome bisa saja diberi Voer halus.

Itulah Makanan dan Habitat Burung Salome yang mulai tergerus karena semakin banyaknya persawahan yang dijadikan perumahan, selain itu kehidupan burung ini juga semakin terjepit karena burung ini banyak diburu untuk dipelihara. Padahal cara yang paling bijak bila ingin memelihara burung ini adalah dengan merawatnya ketika burung masih sejak anakan, biarkanlah indukannya bebas dan beranak pinak. 

Sebagai pecinta burung sudah saatnya pula kita giatkan penangkaran burung agar populasi burung ini tidak semakin punah, dan kelak tidak tinggal ceritanya saja.

Salam Kicau Mania

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala