Merawat Trucukan Macet Gak Mau Bunyi

Trucukan? tentu saja diantara kita sangat mengenal burung ini sebagai burung yang rajin berkicau di pagi hari. Kicauan ropelnya adalah kicauan yang paling disukai oleh pecinta burung dan senandung nuansa alam yang indah. Burung Trucukan termasuk burung yang sangat mudah dalam perawatannya karena cukuplah diberi voer, nasi atau pisang sudah bisa bertahan hidup dan berkicau sesuka hati.

Namun untuk Ropel Mania, burung yang hanya berkicau jog jog jog tentu saja bukanlah burung favorite, burung yang disukai oleh mereka adalah burung  yang rajin berkicau ropel dan ngerol setiap waktu. Al kisah ada seorang teman ropel mania di ngawi yang memiliki burung trucukan yang rajin berkicau dari pagi sampai malam hari, dia hanya berhenti berkicau ketika makan dan tidur saja, Harga Burung Trucukan itu dibanderol cukup mahal sekitar 250rb.

Lalu bagaimana bila burung yang semula rajin berkicau, tiba-tiba jadi macet bunyinya? Berikut ini Gembala news ingin berbagi catatannya :
  • Burung Trucukan yang sedang macet sebaiknya sering dikeluarkan dari rumah dipagi hari, terutama untuk proses pengembunan sekitar jam 5 pagi, agar burung merasa nyaman dengan suasana pagi yang sejuk.
  • Setelah matahari terbit burung dimandikan, dan sangkar dibersihkan.
  • Kemudian burung diberi pisang kepok matang yang segar dan jangkrik 2 ekor.
  • Kroto dapat diberikan 3 hari sekali sampai burung kembali rajin berkicau, jika tak ada kroto  dapat diberikan UH 1 ekor setiap hari.
  • Trucukan dapat dijemur sekitar 1 jam saja dengan meletakkan sangkar di atas permukaan tanah agar burung semakin jinak dan bersahabat dengan pemilik.
  • Setelah penjemuran dirasa cukup dan bulu sudah kering barulah burung diambil dan digantung diteras sampai sore hari.
  • Setelah malam menjelang barulah burung dimasukkan dirumah atau tetap dibiarkan diteras juga tak mengapa. 
  • Trucukan dapat dikerodong atau tidak dikerodong bila hanya untuk kicauan dirumah.

Itulah cara merawat burung trucukan yang mengalami macet gak bunyi, dimana macetnya trucukan mungkin disebabkan sangkar jatuh atau berpindah pemilik. beberapa tips merawat trucukan dapat anda lihat dibawah ini :
Cara Bikin Trucukan Ropel Betina
Cara Memilih Trucukan Jantan

 

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala