Rahasia Perawatan Murai Batu Viking

Rahasia yang bukan rahasia lagi, kali ini Gembala News ingin mengutip perawatan Murai Batu Viking milik Robby Doda (Ansel SF Pejaten) agar pecinta burung murai batu dimana pun berada yang akan membaca artikel dibawah ini bisa menduplikasi atau meniru sistem perawatannya, sehingga kita semua bisa memiliki burung yang bagus untuk kicauan dirumah maupun untuk lomba.

Perawatan Burung Murai Batu Viking

Setiap hari, kecuali Senin, Viking hanya menempati sangkar harian. Khusus Senin, atau sehari setelah lomba, burung dimasukkan dalam kandang umbaran untuk recovery sejak pagi hingga sore hari. Selebihnya tetap di sangkar harian.

Mandi – jemur menjadi perawatan standar sebagaimana lazim dilakukan terhadap murai batu pada umumnya. Untuk extra fooding (EF), khususnya jangkrik, diberikan pagi dan sore, masing-masing dengan porsi 7 dan 10 ekor.

Menjelang lomba, porsi jangkrik dinaikkan hingga dua kali lipat, ditambah kroto segar. Adapun ulat hongkong diberikan menjelang digantang di lapangan, dengan porsi yang disesuaikan kondisi cuaca. Perawatan ini dikutip dari omkicau

Selain mempertahankan sistem perawatan yang konsisten, Om Robby juga menerapkan sistem pemasteran yang istimewa. Saya menyebutnya istimewa karena masteran yang digunakan oleh Om Robby untuk MB Viking miliknya itu bukanlah masteran MP3 seperti kebanyakan kicau mania lainnya yang ingin lebih praktis dalam memelihara burung. 

Pemasteran untuk MB Viking dilakukan dengan memelihara burung masteran langsung seperti burung Cililin, Cucak Jenggot, Lovebird yang menjadi andalan dan umum digunakan oleh master burung lainnya. telisik kami ternyata mendapatkan info bila MB viking memiliki suara yang aneh - lain dari yang lain karena MB Viking milik Om Robby itu selalu diapit oleh burung kicau import lainnya yaitu Burung Paradise, Jalak Afrika, Nightile dan  Madi Injab. 

Khusus burung Lovebird yang menjadi pemaster MB Viking ternyata adalah burung lomba yang diberi nama dengan Lovebird Ford, yaitu jenis Lovebird Pastel Hijau yang memiliki kekean cukup panjang dan memenangi berbagai lomba. 

Yang menarik bagi saya adalah memelihara burung master yang juga burung lomba seperti om Robby bisa kita tiru dengan memelihara Lovebird Juara, Kapas Tembak dan Cucak Jenggot. 

Sekian, Semoga bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala