Cara Merawat Cucak Rowo Bakalan

Seperti kebanyakan burung berkicau lainnya, burung yang masih bakalan atau masih bahan memang membutuhkan perawatan khusus agar burung menjadi lebih jinak dan bisa cepat berkicau atau gacor. Agar bisa memiliki burung cucak rowo yang jinak dan mau berkicau ketika di dekati, sebaiknya Memilih Bahan yang masih muda, bahkan bila menemukan carilah bakalan Cucak Rowo yang masih lolohan atau menyuapi. Memang sih kalau harus menyuapi anakan burung memang ribet, namun anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan dikemudian hari.

Bakalan  yang masih lolohan sebaiknya di suapi dengan pisang kepok yang sudah matang atau bubur khusus untuk Cucak Rowo anakan, bila ingin diberi voer sebaiknya berikan voer yang di lunakkan terlebih dengan air. Agar burung lebih vit berikan tambahan kroto pada adonan tadi. Bila jumlah burung cuma ada 1 ekor dan adonan tidak habis setelah 6 jam, sebaiknya adonan diganti dengan yang baru, karena adonan yang sudah lebih dari 5 jam biasanya telah basi.

Agar burung cepat besar, selain diberi pisang sebaiknya cucak rowo bakalan juga diberi jangkrik 2 ekor di pagi hari dan 3 ekor di sore hari. Jangkrik sebaiknya dibuang kaki dan kepalanya agar burung tidak tersiksa waktu menelannya. 

Burung yang masih disuapi sebaiknya diberi makan 2 jam sekali dari jam 6 pagi dan kelanjutannya.

Lain halnya untuk Bakalan cucak Rowo yang sudah bisa makan sendiri, anda cukup memberikan pisang segar setiap pagi dan memberikan jangkrik 3 ekor setiap pagi, agar cepat jinak sebaiknya pemberian jangkrik dengan tangan (disuapi), tapi jika masih takut dengan tangan pemberian jangkrik bisa diawali dengan menggunakan alat bantu (jiting/lidi). lama kelamaan burung juga mau di suapi bila telah terbiasa diberi jangkrik dengan cara yang sama.

Setelah seminggu dalam perawatan barulah burung bakalan yang sudah bisa makan sendiri di mandikan, agar bulu-bulu menjadi bersih dan sangkar dibersihkan bersamaan dengan mengganti air minum. Namun perlu di ingat pemberian pakan dan minum yang segar tetap diberikan setiap hari selain perawatan mandi di hari minggu.

Agar burung cepat berkicau sebaiknya burung Cucak Rowo bakalan terus di tempel dengan burung masteran yang rajin berkicau seperti Trucukan, Rengganis, Lovebird. peliharalah burung Trucukan yang rajin berkicau dan ropel agar burung cucak rowo terpancing untuk ropel juga. Rawatlah burung trucukan dan cucak rowo secara intensif maka kedua burung akan sama-sama berkicau, saling sahut menyahut sepanjang hari.

Karena Harga Burung Cucak Rowo dari masa ke masa terus mengalami kenaikan maka akan lebih bijak bila anda membeli bakalan burung cucak rowo dari Peternak Cucak Rowo, hal ini tentu bertujuan agar burung cucak rowo liar tidak semakin punah. 


Salam kico mania...

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala