Jinakkan Burung Giras Liar Dengan Terapi Lapar

Bagi pecinta burung yang telah lama menggeluti dunia breeding maupun memelihara burung dari muda hutan tentu sudah tidak asing lagi dengan usaha menjinakkan burung liar yang masih giras atau menjinakkan burung giras karena stress. Sebelumnya saya jelaskan dulu tentang arti kata Giras, yaitu tingkah burung yang berlebihan, terbang gak karuan, menabrakkan ruji bahkan melukai dirinya sendiri karena burung merasa terancam dan ketakutan.

Sudah sifat hewan yang bisa terbang ini bila terancam akan terbang atau mematuk, untuk itu kita harus mengupayakan agar burung mau berkicau dan tenang di dalam sangkar sehingga burung tampak jinak meskipun jinak-jinak lalat.

Tidak hanya burung liar tangkapan hutan, sifat giras ternyata juga bisa di alami burung yang masih beradaptasi dengan lingkungan, burung yang ketakutan dengan suatu benda yang bergerak atau benda yang berwarna kontras. Bahkan saya pernah mengalami memelihara burung yang giras karena stress akibat sangkarnya pernah jatuh.

Dengan berbagai sebab sehingga burung menjadi giras, saya memiliki pengalaman menarik tentang cara menjinakkannya yaitu dengan memberikan terapi lapar pada burung, terutama untuk burung yang sudah mau makan voer. Meski demikian burung yang belum makan voer juga dapat di terapi lapar sehingga burung akan menjadi jinak, namun sayangnya ada kicau mania yang tidak menghendaki burung yang terlalu jinak karena dapat berakibat menjadi manja.

Penerapan Terapi Lapar dapat dimulai dari p
agi hari, bangun tidur atau sekitar pukul 6 pagi burung dikeluarkan, makanan di ambil, biarkan minumannya saja, kemudian jam 7 pagi burung dimandikan, setelah mandi tak perlu buru-buru memberinya makan, biarkan saja burung mengeringkan badannya dulu, sekitar pukul 8 atau mendekati pukul 8 barulah diberi makan secukupnya, diperkirakan pukul 2 sore sudah habis, sehingga antara jam 2 sampai jam 4 burung sudah merasa lapar karena tak lama kemudian anda sudah pulang kerja dan bisa memberinya makan.

Pemberian pakan agar lebih cepat jinak dapat dilakukan dengan menyuapinya baik dengan tangan maupun dengan lidi untuk pertama kalinya. Burung pemakan serangga seperti Cendet, Cucak ijo, Murai, Kacer dapat dijinakkan dengan menyuapi jangkrik, untuk yang masih benar-benar liar dapat diberikan dengan lidi, setelah beberapa kali menggunakan lidi, cobalah dengan langsung menggunakan tangan.

Berdasarkan pengalaman saya, untuk menjinakkan burung bakalan liar, maupun burung giras karena stress  dapat dilakukan dalam waktu 1 minggu.

Selamat mencoba dan semoga sukses...
Salam kicaumania Surabaya...

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala