Cara Merawat Burung Sikatan Jawa/Kipasan

Merawat Burung Sikatan harus benar-benar dengan penuh perasaan dan kasih sayang, burung pemakan serangga keci yang memiliki ekor panjang dan suka di kipas-kipaskan seperti merak ini begitu rentan sakit bila burung tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, hal ini tentu tidak berbeda jauh dengan burung kecil seperti burung Prenjak/Ciblek, dan berbeda jauh dengan burung Kutilang, Cendet maupun Trucukan yang lebih kuat.

Cara Merawat Burung Kipasan tergolong cukup sederhana namun harus terus konsisten, sebab ketersediaan pakan dan minum adalah hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup burung ini di dalam sangkar. Menurut saya, hal ini sama dengan model perawatan burung berkicau lainnya.

Inilah, Cara Merawat Burung Sikatan/Kipasan :
  • Pagi jam 6 burung dikeluarkan agar mendapatkan sinar matahari pagi dan mendapatkan udara yang sejuk dan segar dipagi hari.
  • Sekitar pukul 7 burung sebaiknya dimandikan, baik dengan disemprot maupun masuk karamba, jika anda malas cukup menyediakan wadah minum yang agak besar biar burung bisa mandi sendiri.
  • Selanjutnya sangkar dibersihkan.
  • Pakan dan minum ditambah atau diganti.
  • Ulat Kandang dan Voer harus selalu tersedia agar burung selalu sehat meskipun burung sudah makan voer.
  • Kemudian burung di jemur, lamanya penjemuran cukup 1-2 jam, karena burung Sikatan tidak begitu suka terik matahari.
  • Setelah bulu-bulu kering dan burung tidak lagi tampak merapikan bulu, kemudian burung di ambil dan diteduhkan.
  • Sore hari sekitar pukul setengah empat burung kembali dimandikan, atau cukup berikan air dalam wadah yang agak besar biar burung mandi sendiri. (dalam catatan saya, burung kipasan memang suka bermain dengan air untuk mandi dan minum dalam durasi yang lama) karena di alam liar burung ini pun lebih suka hidup di habitat yang lembab.
  • Malam hari burung disimpan, boleh dikerodong tidak pun tidak mengapa.

Catatan lain :
Agar burung rajin berkicau, ketersediaan EF berupa Ulat kandang (UK) harus terus tersedia sepanjang hari, selain itu anda juga dapat memberikan Kroto 2 hari sekali.

Salam Kicau Mania... by Admin

2 comments:

Unknown said...

ciri burung kipasan jantan seperti apa?

laresawoo said...

oooww... kirain cuma satu jenis burung sikatan ini, ternyata ada banyak >.<

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala