Cara Merawat Burung Trucukan Ropel Biar Rajin

Fb pict group Trucukan
Burung Mania Hanya burung Trucukan yang sehat dan dalam kondisi top performance yang akan rajin berkicau ropel, ada pun burung trucukan yang rajin ropel adalah trucukan berkelamin jantan, bagi yang masih awam tentu masih sulit membedakan trucukan jantan dan betina. namun kali ini saya tidak ingin membahas perbedaan kelamin burung trucukan, anggap saja kita semua telah memilih bakalan burung trucukan yang jantan di pasbur atau mengadopsy milik teman.

Cara Merawat Burung Trucukan Ropel sangatlah mudah, yang paling penting adalah burung selalu disediakan makanan yang disukainya, burung dimandikan dan dibersihkan sangkarnya agar burung senantiasa selalu sehat. 

Meskipun telah makan voer, burung trucukan agar mau ropel dengan rajin sebaiknya terus diberikan buah segar seperti pisang atau pepaya. Selain itu anda juga dapat memberikan buah serri atau buah keres agar ada variasi buah. Karena burung trucukan termasuk pemakan buah dan serangga maka selain memberikan buah sebaiknya anda juga memberikan jangkrik atau kroto.

Inilah, salah satu contoh Cara Merawat Burung Trucukan Biar rajin Ropel  dan nggaruda :
  • Bila burung sehari-hari ditaruh didalam rumah, maka setiap pagi selepas subuh burung dikeluarkan agar mendapatkan embun pagi agar burung menjadi lebih sehat, dan burung mendapatkan sinar matahari pagi.
  • Setelah matahari terbit, sekitar pukul 7 burung dimandikan disemprot maupun di keramba.
  • Bersihkan sangkar harian dan beri buah segar baik pisang maupun pepaya.
  • Jemur burung hingga pukul 8 atau 9.
  • Kemudian burung digantung diteras atau diteduhkan.
  • Dengan perawatan yang rajin burung akan lebih rajin juga berkicau ropel.
  • Bila ingin bergaya nggaruda dan ropel saat di dekati maka biasakan burung di ceteki sebelum di beri jangkrik atau sebelum diberi buah segar.
  • Sehari-hari burung trucukan tidak perlu dikerodong agar burung selalu berkicau.

Meskipun apa yang saya sampaikan tidak mutlak, namun setidaknya cukup bagus untuk sekedar referensi, pada kenyataannya meskipun tidak selalu dimandikan burung trucukan tetap rajin ropel asalkan selalu disediakan makanan yang cukup, baik voer maupun pisang segar.
Salam Ropel...

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala