Prospek Ternak Burung Berkicau 2014

Prospek penangkaran (ternak) burung berkicau di era modern seperti saat ini bukan lagi peluang usaha kecil melainkan usaha yang dapat merasuk ke ranah industri menengah dan elite. dalam   usaha yang besar setiap peternak dapat menghasilkan pundi-pundi penghasilan yang berlimpah dan menjadikan mereka lebih makmur. ini adalah hal yang wajar karena peternakan burung berkicau memang memiliki pasar yang tinggi, minat yang tinggi dan harga yang terus melonjak. 

Usaha ternak burung berkicau selain memiliki nilai dari segi ekonomi juga merupakan usaha melestarikan burung berkicau agar tidak mengalami kepunahan. Berikut ini adalah beberapa jenis burung berkicau yang memiliki prospek yang baik untuk diternak di tahun 2014 :

Cucak Rowo
Prospek peternakan burung cucak rowo masih sangat tinggi karena peminat burung ini sangat tinggi, sementara  produsen tidak mampu mencukupi kebutuhan pembeli, sehingga harga bakalan/anakan burung cucak rowo masih sangat tinggi dalam angka jutaan.

Murai Batu
Burung berekor panjang ini kami urutkan di urutan kedua sebagai burung yang memiliki prospek baik untuk di ternak di tahun 2014 dan berlaku untuk tahun tahun sebelumnya, Peminat burung ini pun sangat banyak dan terus bertambah, karena ini termasuk burung lokal sehingga harga jual burung murai masih sangat stabil dan memiliki prospek yang baik.

Kenari
Peternak burung kenari kerap dibuat kelabakan karena harga burung kenari sering mengalami fluktuatif akibat ada pelaku usaha yang melakukan import burung kenari dari Cina dan Holland. Namun di tahun 2014 peluang ternak burung kenari sangat terbuka, apalagi geliat peminat burung pemakan biji-bijian ini terus membaik di tahun lalu.

Lovebird
Tahun 2013 burung lovebird sempat mengalami lonjakan harga yang tinggi (booming) sehingga berbondong-bondonglah pecinta burung mengalihkan perhatian pada peternakan lovebird. Kini harga burung lovebird berada pada kisaran harga standard, yaitu di harga sebelum booming sekitar 2 tahun yang lalu. Harga standard saja sudah cukup baik untuk diternak dan merupakan prospek yang baik, maka ternak burung lovebird kami kategorikan dalam prospek usaha ternak yang tepat di tahun 2014.

Kacer, Cucak Ijo, Teledekan
Ketiga burung ini memiliki  peluang yang bagus untuk diusahakan diternak di tahun 2014, karena harga burung ini di pasaran  juga lebih baik daripada harga burung  lovebird atau kenari. Dari masa ke masa burung ini juga semakin banyak saja peminatnya. Meskipun di alam liar masih tersedia burung jenis ini, namun lebih bijak bila kita membeli burung dari hasil peternakan bukan dari hasil tangkapan hutan.

Itulah analisa kami terhadap prospek usaha peternakan burung berkicau di tahun 2014, sebagai kicau mania kami berharap pembaca artikel ini juga tergugah untuk melakukan breeding agar kelestarian burung berkicau terus terjaga, apalagi dukungan industri pakan burung dengan kualitas semakin baik juga terus terjaga hingga kini. Sehingga industri pakan burung, industri sangkar dan accesoris dan industri peternakan burung berkicau dapat berjalan ber iringan.
Lihatlah Daftar Harga Burung Terbaru, untuk mengetahui peluang usaha peternakan burung berkicau ke depan.

Salam Kicau Mania...

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala