Sekilas Tentang Jalak Suren

Burung Jalak Suren adalah burung yang memiliki warna bulu hitam dari kepala - leher - punggung - sebagian sayap dan ekor yang berpadu dengan warna putih dibagian dada, memiliki pelipis berwarna kuning/orange disekitar mata. Dengan paruh yang panjang menandakan burung ini adalah pemakan buah dan serangga. Setelah mencapai usia yang matang, burung Jalak Suren akan berjambul bila berkicau, suaranya sangat keras dan berisik sehingga cocok buat masteran burung berkicau maupun dijadikan penjaga rumah.

Konon di daerah jawa orang mempercayai bila burung Jalak Suren adalah burung yang paling cerdas dan menghafal tuannya, sehingga bila ada orang asing datang kerumah dia pasti akan berkicau dengan suara yang keras, sehingga fungsinya bisa dijadikan seperti alarm.

Burung Jalak Suren memiliki daerah habitat yang luas di Asia, mulai Indonesia yang tersebar di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan maupun Sulawesi, di negara lain seperti malaysia, thailand dan cina. Namun populasi Jalak Suren Jawa di alam liar sudah minipis karena perburuan dan berkurangnya luas hutan, namun jangan cemas karena burung jalak suren sudah dapat diternak dengan mudah. Adapun burung jalak suren yang anda temukan di pasar dapat dipastikan itu semua adalah hasil dari penangkaran. Sangat jarang jalak suren bakalan yang berasal dari tangkapan hutan.

di usia yang masih muda (anak) sangat sulit membedakan jenis kelamin jalak suren, namun bagi yang telah lama bergelut dengan burung jalak suren dalam waktu yang lama akan mudah membedakannya. Sebagian JalakMania, menyebutkan bila burung jalak suren yang jantan memiliki kepala yang besar dan nonjol sedangkan yang betina tidak.

Karena memiliki ukuran badan yang lumayan besar maka paling tidak ukuran sangkar untuk jalak suren adalah ukuran 40cm. Agar rajin berkicau setiap hari dalam perawatan jalak suren harus selalu diberi buah pisang segar, jangkrik 5 ekor pagi dan 5 ekor sore, kroto 2 hari sekali. Boleh juga di beri vour untuk persediaan makanan agar lebih kenyang.

Itulah Sekilas Tentang Burung Jalak Suren yang dapat kami bagikan disini... semoga bermanfaat untuk yang awam tentang jalak suren, tunggu artikel kami selanjutnya tentang Jenis Jenis Jalak Suren, Kicauan Jalak Suren, Perawatan dll hanya di Gembala News


0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala