Persiapan Ternak Burung Kenari


Memiliki burung kenari yang memiliki mental juara atau gacor tentu saja membuat anda ingin mempertahankannya atau mengembang biakkan agar tidak terjadi kepunahan dan anda bisa memiliki burung kenari yang memiliki trah juara. Karena burung yang memiliki trah juara biasanya juga akan menurunkan sifat ksatrianya. Jika anda ingin berternak Burung Kenari maka anda harus mempersiapkan beberapa hal berikut ini yang bisa menjadi bahan rujukan kenari mania tentunya.

Carilah calon indukan yang telah siap untuk di ternak, sehat, rakus makan dan bebas dari kutu atau tungau. Selain itu peternak juga harus menyediakan segala perlengkapan peternakan termasuk sangkar, bahan sangkar, vitamin khusus breeding maupun obat obatan.

Berikut ini kami menyimpulkan beberapa hal penting terkait Persiapan Ternak Burung Kenari :

Menggunting Kuku
Tindakan sepele ini sering diabaikan oleh kebanyakan peternak karena memegang dan memotong kuku kenari dikhawatirkan membuat burung merasa stress, tidak mau berkicau. Padahal membiarkan kuku dalam keadaan panjang, melengkung dan runcing cukup membahayakan bila burung di jodohkan, bisa saja kuku si jantan menancap dan melukai Kenari Betina.

Bebaskan/bersihkan dari kutu dan tungau
Kutu dan Tungau adalah penyakit yang kerap menyerang kenari, sehingga sebelum dijodohkan pastikan kenari yang baru datang yaitu indukan yang baru di beli dalam keadaan sehat dan bebas dari kutu. Karena bila burung tetap terjangkit kutu, maka sangat mungkin kutu tadi akan menyebar pada indukan lain yang berada didekatnya juga pada keturunannya.

Memotong bulu sekitar Vent
Untuk memudahkan proses penetrasi dan keberhasilan proses perkawinan tindakan membersihkan dan memotong bulu di sekitar Vent sangat diperlukan, meskipun tidak semua peternak melakukan hal ini.

Menyediakan bahan sarang yang aman
Bahan sarang yang aman adalah bahan yang lembut dan tidak membahayakan, bahan sarang ini banyak dijual di pasar ada yang sudah jadi dan rapi, ada juga yang masih berbentuk bahan dasar. Bahan dari benang nilon sangat tidak dianjurkan karena bisa menyelakai indukan juga anakkan kenari.

Kapur Anti Semut
Kenari sangat rentan terhadap serangan semut, terutama yang masih anakan, bau amis anakan kenari memancing semut untuk datang, bila tidak sering di kontrol dan tidak bisa menghindarkan sangkar dari serangan semut sangat mungkin anakan kenari akan dimakan semut.

Itulah persiapan ternak burung kenari yang patut untuk dipertimbangkan bila anda ingin melakukan ternak kenari, hal ini sangat cocok dengan apa yang juga disampaikan oleh agrobur


0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala