Breeding atau Ternak Burung Kenari


Breeding | Ternak Burung Kenari - Banyak Orang yang mengatakan bahwa ternak kenari itu mudah, memang mudah bagi yang sudah terbiasa. Bagi pemula tentu semuanya harus di pelajari dengan seksama. Sebab tidak jarang orang yang ternak kenari mengalami beberapa kendala. Dalam beternak kenari ada beberapa factor yang harus diperhatikan yaitu usia kenari, jenis kelamin, sarana penunjang ternak dan ilmu tentang peternakan. Bagaimana pun alangkah lebih baik anda membaca beberapa artikel bagaimana mengelola peternakan kenari yang benar agar breeding anda berhasil yang banyak ditulis oleh peternak sukses di internet maupun tabloid burung. Hal hal yang perlu diperhatikan dalam breeding kenari seperti yang pernah dilakukan oleh Putera Gembala adalah :
 
  1. Harus memiliki pejantan yang siap kawin ditandai dengan gacor yang sudah nembak2. umur minimal 8 bulanan, lebih dari 1 tahun lebih baik.
  2. Betina yang sudah siap biasanya akan mengepaskan sayapnya dan menaikkan ekornya saat mendengar suara burung pejantan. umur minimal 6 bulan atau lebih.
  3. Bila jantan dan betina telah siap kumpulkan dalam satu kandang, setelah 5 hari proses perkawinan, biasanya betina akan bertelur sehingga sebelum hari kelima anda harus siapkan sangkar buat bertelur.
  4. Usahakan selama proses perkawinan makanan ekstra berupa telor puyuh dan sayur selalu tersedia untuk menjamin kualitas telor yang baik. 
  5. jumlah telor kenari antara 2 sampai 5 butir. 
  6. Bila betina sudah mulai mengeram maka lebih baik pejantan dipisahkan, namun dilihat juga kondisi si betina apakah benar benar telah mengeram. bila si pejantan diambil si betina keluar dari sangkar karena mencari pejantan maka anda harus mengembalikan dalam satu kandang lagi. 
  7. masa mengeram kenari lebih kurang 14-21 hari. 
  8. Setelah menetas anda harus menyiapkan telur untuk ekstra food berupa telur puyuh agar anakan kenari lekas tumbuh besar dan sehat. 
  9. setelah usia 25 hari anakan sudah siap di pisahkan dan indukan siap dikawinkan lagi. 
  10. Kebersihan kandang ternak harus diperhatikan benar bila berternak kenari, karena burung ini sangat rentan terkena penyakit sesak nafas, lemah bila diserang semut. Kotoran yang menumpuk merupakan sumber penyakit utama bagi kenari. untuk itu secara rutin anda harus bersihkan kandang dari kotoran kenari.


Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala