Merawat Burung Madu Dengan Nektar Buatan




Burung Madu jenisnya sangatlah beragam dengan corak warna yang sangat cantik, burung yang memiliki kemampuan terbang tak bergerak untuk menghisap sari bunga ini dapat dipelihara dengan membuatkan nektar buatan. Kandungan nektar alami yang terdiri atas air dan glukosa dapat kita sediakan setiap hari sebagai makanan pokoknya. 

Namun untuk memelihara burung Madu sebaiknya anda memelihara yang hasil breeding atau dari peternak burung karena burung madu dengan segala macam jenisnya merupakan burung yang dilindungi oleh BKSDA. Burung hasil breeding biasanya ditandai dengan memasang Ring pada kakinya.

Untuk merawat burung madu seperti Kolibri atau Srigati, berikut ini adalah resep makanannya :

  • Buatlah larutan gula putih ditambah air dengan perbandingan 1 : 4. inilah yang kami sebut dengan nektar buatan. ( 1 gelas untuk 4 sendok gula putih, bukan gula merah atau pemanis buatan)
  • Untuk menyediakan lemak dan protein, berikanlah kroto atau ulat kandang secukupnya setiap hari.
  • Untuk meningkatkan stamina berikanlah madu murni dalam wadah yang berbeda dari larutan gula (nektar buatan)
  • Penjemuran burung madu cukuplah sampai pukul 8 atau pukul 9 pagi, karena burung madu bukanlah burung yang suka iklim yg panas.
  • Selalu sediakan air dalam cepuk yang berbeda dari cepuk berisi nektar buatan.

Itulah konsep cara perawatan burung madu agar burung mampu bertahan hidup dan berkicau dalam perawatan manusia. ini adalah konsep merawat burung madu agar anda bisa menolong burung ini bila menemukan burung madu dalam keadaan lemah di alam. Namun sebaik baik tempat bagi burung pemakan nektar bunga ini adalah di alam luas yang menyediakan bunga nan indah dan  harum.


0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala