Pentingnya Memotong Kuku Burung Kenari

Seiring bertambahnya usia burung kenari, maka kuku burung pemakin biji ini pun akan semakin panjang, bila kuku itu dibiarkan maka lama kelamaan kuku akan menjadi bengkok kesamping, sehingga kuku itu akan membuat penampilan burung Kenari menjadi tidak indah. Selain faktor keindahan kuku yang panjang juga membuat burung menjadi tidak nyaman ketika ingin hinggap atau mencengkeram tenggeran.

Pentingnya memotong kuku burung kenari, memiliki tujuan antara lain :
  • Kaki burung akan tampak indah dengan kuku yang rapi
  • Burung akan mudah mencengkeram tangkringan/tenggeran.
  • Menjaga kesehatan kaki burung
  • Sebagai persiapan sebelum menjodohkan burung, sehingga kuku tidak akan nyangkut dan melukai si betina saat terjadinya proses perkawinan
  • Bagi kenari betina tentu saja bermanfaat agar kukunya tidak nyantol  pada sangkar atau anak-anak kenari.

Memotong kuku kenari harus berhati-hati karena anda harus memegang burung dengan penuh perasaan, jangan menekan terlalu keras karena akan menyakitkan, jangan pula kuku  dipotong terlalu pendek karena yang penting adalah dirapikan. 

Tak perlu takut burung akan stress gara gara kukunya dipotong, karena pemeliharaan ini akan menjadi sangat penting. Selain pemotongan kuku, kesehatan kaki kenari juga perlu dijaga dari gangguan bubul atau jamur kaki, untuk itu anda perlu memberikan bird cream atau minyak tawon. Selain itu anda juga harus rajin membersihkan tenggeran dari kotoran.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala