Cara Memelihara/Merawat Burung Kolibri Ninja

Burung Kolibri adalah jenis burung pemakan nektar bunga, sehingga burung ini tidak bakal doyan makan vour apalagi biji bijian. Dengan bentuk paruhnya yang runcing dan panjang, Tuhan telah menciptakan makhluk ini untuk bisa menghisab nektar bunga. Selain makanannya yang unik, burung kolibri juga memiliki kemampuan terbang yang tak kalah unik, tubuhnya yang kecil dan ringan memudahkan burung ini terbang maju mundul untuk menghisab sari bunga.

Kira kira seperti itulah kehidupan dari burung kolibri di alam liar, sementara jika anda ingin memeliharanya di rumah dan disangkar, burung ini agak sulit dipelihara karena makanan utamanya adalah nektar sehingga dalam tempo yang lama burung bisa stress bila hanya mendapatkan makanan pengganti.


Cara merawat/memelihara burung kolibri tidak beda jauh dengan burung kicauan yang lain, hal terpenting adalah menyediakan makanan dan minuman favorites, lebih dari itu anda harus juga membersihkan sangkarnya agar burung tetap sehat.
Makanan Kolibri :
  • Anda harus selalu menyediakan air gula di dalam sangkarnya.
  • Perbandingan idealnya adalah 1 bagian gula banding dan 4 bagian air (1:4).
  • Anda juga bisa menyediakan kroto di dalam sangkarnya supaya kebutuhan nutrisinya tercukupi dan burung selal dalam kondisi fit.
Meskipun burung kolibri memiliki tubuh yang mungil, namun sangkar sebaiknya jangan terlalu kecil, ukuran 30 cm adalah ukuran ideal bagi burung ini. 

Warning !
Jika anda tidak memiliki bakat, kesabaran, konsisten yang tinggi dalam memelihara burung mungil ini maka lebih baik biarkanlah burung ini terbang bebas di alam dan mencari makan nektar di pepohonan dekat rumahmu. Karena membiarkannya terbang lepas merupakan bentuk dari pelestarian lingkungan.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala