Penjemuran Burung Mabung/Ngurak/Moulting

Proses mabung atau ganti bulu pada suatu burung adalah suatu hal yang wajar karena merupakan siklus mereka dalam memperbaiki bulu bulu yang telah kusam agar menjadi segar dan tampak lebih cantik. Proses pergantian bulu itu diawali dengan merontokkan bulu, kemudian menumbuhkan kembali bulu bulu baru. Untuk mempercepat proses mabung sebaiknya burung di isolasi dengan menjauhkan burung dengan burung sejenis agar proses metabolisme burung dapat terjadi dengan sempurna.

Kebutuhan vitamin dan mineral burung saat mabung dapat diberikan melalui makanan dan minuman, namun tak kalah penting memberikan asupan vitamin D pro dari sinar matahari pagi. Untuk itu penjemuran disaat matahari terbit dipagi hari sangat diperlukan ketika burung sudah mulai menunjukkan pertumbuhan bulu bulu baru, bukan pada saat burung akan merontokkan bulu.

Penjemuran dapat dilakukan cukup 15 atau 30 menit, setelah itu burung di angin anginkan ditempat yang teduh baru di kerodong kembali. jangan juga menjemur burung dalam proses mabung ditengah terik matahari atau tengah hari, karena sinar matahari yang sangat panas dapat merusak bulu bulu baru.

Dengan membuka kerodong burung yang sedang mabung setiap pagi saja sambil memberi makan dan membersihkan kotorannya sudah cukup memberi angin segar dan pencahayaan, Cahaya matahari yang teduh cukup memberi kenyamanan pada burung sehingga burung akan tampak lebih sehat dan ceria. Sambil mengepakkan sayap, burung akan merontokkan bulu bulunya.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala