Melatih Burung Cendet/Pentet Makan Vour

Melatih burung cendet agar mau makan Vour ada beberapa cara, Gembala News kali ini ingin berbagi dan mengulasnya satu per satu agar burung kesayangan kita mau beradaptasi dengan lingkungan dan mau bersahabat dengan manusia. Perlu diketahui bahwa burung cendet merupakan burung pemakan serangga yang memiliki sifat tarung dan suka berburu, burung ini juga termasuk Kanibal karena sering menyerang dan memakan burung burung kecil, seperti ulasan kami sebelumnya Disini.

Karena burung ini adalah burung pemakan serangga, tentu saja Cendet membutuhkan asupan protein yang cukup agar memiliki fisik yang sehat sehingga burung akan rajin berkicau. Untuk itu pilihlah Vour buatan pabrik yang memiliki kecukupan vitamin,mineral dan protein, namun rendah lemak.

Gembala memiliki catatan tersendiri tentang cara Melatih burung agar mau makan vour :
  1. Dengan Kroto dan 
  2. Dengan Ulat Kandang

Melatih ngevour dengan Kroto
Untuk burung masih lolohan tentu saja akan lebih mudah melatihnya, karena apa yang kita berikan itu yang dimakan, jadi bila dibiasakan di loloh dengan vour maka setelah bisa mematuk makanan sendiri  burung cendet akan mau makan vour. Untuk menyuapi burung muda seperti ini caranya sangat mudah yaitu Ambil Vour secukupnya kemudian tambahkan air biarkan 15 menit sampai vour melunak, kemudian tambahkan kroto 1 sdt, campurkan sampai rata dan lolohkan pada burung. intensitas penyuapan adalah setiap 2 jam sekali.

Sementara untuk burung Cendet Muda Hutan yaitu hasil tangkapan liar yang sudah bisa mematuk makanan sendiri caranya juga mudah, yaitu : 
  1. Haluskan vour kemudian tabur dan campurkan bersama kroto, setelah 1  minggu berturut-turut biasanya burung sudah akan biasa makan vour.
  2. Basahi vour sampai lunak kemudian campuri kroto diatasnya kemudia aduk sampai rata, usahakan kroto lebih banyak daripada jumlah vour sehingga burung akan melihat jelas ada kroto disana dan tanpa sengaja akan terbiasa makan vour. Cara ini biasanya juga bisa lebih cepat +/- 1 minggu burung sudah makan vour.
Burung yang sudah bisa mematuk makanan sendiri sebaiknya juga diberikan jangkrik 3 ekor pagi, dan 3 ekor sore hari. Dengan porsi 6 ekor jangkrik per hari ini, meskipun burung lapar biasanya tidak akan mati, tapi bila lapar burung akan memakan vour campur kroto diatas.

Melatih Ngevour dengan Ulat kandang
  1. Cara melatih dengan UK ini hanya berlaku untuk burung muda hutan atau burung hasil tangkapan, karena burung harus sudah bisa mematuk makanan sendiri. Caranya cukup mudah :
  2. Pagi hari burung berikan jangkrik 2 ekor
  3. Di tempat vour tambahkan 1 sendok ulat kandang, lihat dan pantau apakah burung mau makan UK. lakukan ini setiap hari, biasanya dengan cara ini waktunya akan lebih lama dari pada menggunakan Kroto sebagai campuran.

Itulah Cara Melatih Burung Pentet/Cendet agar mau makan vour, dengan ketekunan dan kesabaran Insya Allah burung akan terbiasa makan vour dan akan cepat berkicau setelah melalui tahap penjinak.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala