Ciri Khas Cendet/Pentet Siap Lomba

Memiliki burung cendet yang gacor dan handal di lomba adalah dambaan setiap kicau mania, dengan pemilihan bakalan yang tepat serta teknik pemeliharaan yang baik akan bisa menghasilkan burung cendet/pentet yang rajin berkicau dirumah maupun di tempat lomba. Jika burung cendet dirumah rajin berkicau tapi di tempat lomba membisu, diam atau hanya loncat kiri loncat kanan, mungkin burung tersebut tidak siap mental atau burung belum siap lomba.

Lalu seperti apa Ciri Khas Burung Cendet siap Lomba? berikut ini Gembala-news mencoba berbagi setelah membaca dari berbagai literatur online dan memadukannya dengan pengalaman sehari hari merawat burung cendet. 

Kedua Sayap Saling Silang
Burung cendet dan berbagai burung (unggas lain) bila kedua sayap tampak saling silang dipunggung itu menandakan burung dalam kondisi sehat (fit). Dalam kondisi seperti ini burung biasanya lebih siap berkicau dibandingkan burung yang sayapnya (sengklek) kebawah  sampai ke kaki.

Bulu yang halus dan mengkilap
Burung Cendet biasanya akan memiliki bulu yang halus setelah melalui masa mabung sempurna, dengan bulu yang tertata rapi seperti itu biasanya burung akan lebih siap gacor.

Ekor yang rapat angka "1"
Burung cendet memiliki bulu ekor rata-rata 10 lembar, dalam kondisi siap tempur "top form" ekor burung ini akan rapat bertumpuk menjadi angka 1, karena biasanya ekor burung ini juga di kembangkan (ngebyak). 

Feses/kotoran
Burung cendet yang dalam kondisi sehat akan menghasilkan sepahan dari mulutnya dalam bentuk lonjong atau bulat yang keras, dalam kondisi Top Form burung cendet akan menghasilkan sepahan yang bulat dan keras. Serta mengeluarkan kotoran/feses kecil kecil yang padat.

Itulah beberapa ciri khas burung cendet siap lomba yang dapat kami bagikan berdasarkan pengalaman juga berdasarkan masukan dari berbagai media online. Perlu di ingat juga bahwa terkadang ada karakter burung yang siap lomba akan selalu berkicau dirumah juga di gantangan, namun burung lain juga ada yang diam bila dirumah sendirian, tapi akan gacor bila melihat burung sejenis di tempat lomba. untuk itu pahamilah karakter burung cendet peliharaan anda sendiri.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala