Cara Menjinakkan Burung Bakalan/Bahan Liar

Benar sekali yang dikatakan oleh omkicau, bila ingin memiliki burung yang rajin berkicau dimana pun tempat burung haruslah dalam kondisi jinak, selanjutnya burung juga harus memiliki mental yang baik. Jika burung anda hanya berkicau dirumah tapi membisu di latberan, mungkin burung anda mentalnya buruk, untuk itu baca artikel kami tentang Cara Melatih Mental Burung. Sedangkan bila anda baru membeli burung dipasar yang kondisinya masih liar, baik itu burung Mudah Hutan (MH) maupun burung d3w4s4 liar langkah awal sebelum burung berkicau adalah anda harus menjinakkan terlebih dahulu.

Jinak disini kami artikan bahwa burung tidak takut dengan  manusia, burung tetap tenang meskipun disekitar manusia, dan burung sudah bergantung makanannya pada manusia. 

Berikut ini adalah catatan dari Putera Gembala, Cara Menjinakkan Burung :
  1. Setelah penanganan pra kondisi, dimana burung telah mau mengkonsumsi makanan yang kita berikan selama beberapa hari paling cepat 2 minggu, maka lanjutkan langkah kedua.
  2. Burung dimandikan di pagi hari, kemudian jemur sebentar sampai bulu bulunya kering baru diberi makanan kesukaannya, baik itu serangga (jangkrik) maupun buah buahan untuk burung pemakan buah.
  3. Gantung burung bakalan/bahan tadi disekitar lalu lalang manusia, agar burung terbiasa dengan prilaku manusia yang tidak membahayakannya.
  4. Siang hari burung tidak perlu di kerodong, atau dikerodong dengan kerodong yang tipis.
  5. Sementara di malam hari burung harus dikerodong dan ditempatkan ditempat yang gelap dan aman dari gangguan predator (kucing/tikus).
  6. Batasi pemberian makanan kesukaan (EF) agar burung merasa lapar dan bergantung pada manusia. 
  7. Untuk burung pemakan serangga lebih mudah dengan membatasi pemberian jangkrik, mengontrol tapi jangan sampai terlambat. Setelah burung lapar berikan Jangkrik yang diawali dengan pakai lidi, kemudian pakai tangan, lakukan berulang ulang.

Dengan mengkombinasikan berbagai cara Pemandian, pembatasan EF dan selalu di dekatkan dengan aktivitas manusia, biasanya burung bakalan dalam waktu 1 bulan sudah jinak lalat. Namun semua tetap membutuhkan kesabaran, konsisten dan tergantung dari mental dari burung itu sendiri.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala