Perbedaan Fisik Lovebird Jantan dan Betina

Burung Lovebird merupakan burung yang paling sulit ditentukan jenis kelaminnya secara fisik, karena burung ini memiliki ciri ciri fisik yangn hampir sama, meskipun ada yang menyebutkan dengan memegang supitnya bila rapat adalah jantan dan bila renggang dan lembek adalah betina namun ini bukanlah suatu jaminan dan butuh pengalaman yang lama untuk melakukan pengamatan ini. Waktu yang tepat memegang supit agar akurat adalah bila burung sama sama telah brahi atau siap kawen, bila diluar itu maka perkiraan bisa saja mbleset.

Selain dengan memegang supit atau pangkal dubur, beberapa peternak lovebird menyatakan bila dari tingkah laku burung juga bisa di deteksi perbedaan jantan dan betinanya. Lihat sayapnya, bila sayap selalu mengapit diatas ekor diperkirakan burung lovebird itu adalah jantan, namun bila Sayapnya lebih sering di jatuhkan dan tidak mengapit di atas ekor maka diperkirakan ini adalah burung Lovebird Betina. 

Foto Burung Perbedaan letak Sayap yang mengapit dan tidak dibawah ini mungkin bisa menjadi ilustrasi pernyataan diatas.

Warna Biru diprediksi Betina, Warna hijau diprediksi jantan | lihat posisi bulu sayapnya


Membedakan kelamin burung lovebird jantan dan betina dari bentuk fisik memanglah tidak menjamin kebenaran 100 persen, cara yang paling jitu tentu saja dengan mencabut sebiji bulu burung kemudian lakukan pengecekan DNA di laboratorium-cara ini tentu lebih akurat.

Putera Gembala masih dalam tahap belajar dalam membedakan Fisik lovebird jantan dan betina, kebiasaan kedua burung diatas juga kontras dimana sejak usia 3 bulan burung warna hijau lebih suka berkicau dibandingkan si betina. Nafsu makan warna biru lebih banyak daripada si warna hijau.  Itulah catatan kami dalam membedakan kelamin burung lovebird secara fisik.


Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review