Cara Merawat Burung Pentet

Cendet Nagen
Kupas tuntas tentang tips Cara Perawatan Burung Pentet/Cendet akan kami coba bahas di artikel singkat ini. dimana tips ini berdasarkan pengalaman Admin Putera Gembala yang telah menggeluti burung Pentet selama kurun waktu sekitar 4 tahunan. Tentu saja bahan bacaan ini khusus untuk Kicau Mania Junior atau pecinta burung Pentet junior yang masih penasaran dengan cara menghasilkan burung pentet jawara atau paling tidak berkicau setiap hari.

Putera Gembala berbagi tips...

Cara Merawat Burung Pentet :

  • Untuk yang merawat burung pentet bakalan yang baru beli dipasar atau baru dapat dari hutan, pastikan atau buat burung mau makan Jangkrik atau UK - Ulat kandang. karena bila burung tidak mau makan sudah pasti burung bisa tewas. Jangan dimandikan selama paling tidak 1  minggu. Setelah melewati 2 minggu dalam perawatan, biasanya burung akan mampu bertahan hidup, dan  selanjutnya kita atur agar burung mau makan vour. 
  • Cara membuat burung Pentet bakalan mau makan vour adalah dengan mencampurkan ulat kandang dengan vour, dan mencampurkan vour dengan kroto. untuk tahap ini kurangi makanan jangkrik tapi tetap harus diberikan.

Perawatan harian :
  1. Burung setiap malam harus dikerodong agar bisa istirahat dengan tenang
  2. Setiap pukul 6 pagi burung dikeluarkan dari tempatnya untuk dijemur atau di angin anginkan, tapi sebelumnya berikan jangkrik 3 ekor.
  3. Atur jadwal mandi, setiap hari atau 2 hari sekali.
  4. Bila jadwal mandi datang yaa burung dimandikan, setelah itu dijemur.
  5. Jemur burung hingga pukul 10 atau hingga anda akan berangkat kerja.
  6. Kemudian letakkan burung di teras sekitar 15 menit, terus dikerodong dan dimasukkan kamar burung.
  7. Sore hari sekitar pukul 4 sore setelah pulang kerja, burung dikeluarkan lagi dari kamarnya dan di angin anginkan, Berikan jangkrik 3 ekor. 
  8. Menjelang magrib burung diistirahatkan, dikerodong dan masukkan kamar.
  9. Besoknya lagi juga demikian.
  10. Berikan kroto paling tidak seminggu sekali, atau seminggu dua kali.
itulah tips Cara Merawat Burung Pentet yang telah Putera Gembala lakukan dan berhasil mencetak burung Pentet yang handal, nagen dan ngeroll. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba Untuk perawatan lomba, akan admin lanjutkan di artikel berikutnya...

1 comments:

Putera Gembala said...

Bila sudah beli bakalan Cendet, trus sampai dirumah tidak mau makan, maka segeralah dikembalika ke pembelinya dan minta tukar biar kagak mati.

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review