Peluang Usaha Ternak Burung Gereja

Burung Gereja yang memiliki bahasa latin Passer Montanus akhir-akhir ini semakin diminati pecinta burung  untuk dijadikan masteran bagi burung berkicau seperti burumg Cendet, Cucak ijo, Kacer, Murai dan Anis Merah. Dengan semakin banyaknya pecinta burung yang menyukai dan membutuhkan burung ini maka hal ini merupakan peluang usaha yang patut untuk kita perhitungkan dan kita pertimbangkan sebab peternak burung gereja masih sangat sedikit.

Belum maraknya peternakan burung gereja dan banyak peminat burung ini maka peluang ini harus cepat kita baca dan pengunjung Gembala News harus bisa segera melaksanakan peluang ini, untuk usaha utama maupun usaha sampingan.

Menurut tulisan berbagai media yang telah saya baca, Cara Ternak Burung Gereja tergolong mudah. Bila anda telah memiliki sepasang gereja yang telah jinak maka anda bisa menerapkan model peternakan burung Kenari atau Lovebird. Sebab makanan burung gereja hampir menyerupai makanan burung kenari, namun dalam habitat aslinya burung gereja bersarang seperti burung Lovebird yang menyukai glodok atau lubang-lubang tersembunyi.

Lain halnya bila anda belum memiliki sepasang burung gereja jinak, maka model peternakan pun sedikit berbeda, dimana anda bisa membuat glodok-glodok besar yang digantung di luar rumah dan jarang di jamah orang atau jauh tinggi diatas jangkauan manusia. Glodok besar dan panjang itu diberi banyak pintu yang hampir menyerupai bekupon burung merpati. Agar burung mau bersarang maka berikanlah makanan untuk burung gereja berupa biji-bijian dan ulat hongkong yang ditaruh disekitar glodok atau dibawah glodok.

Dengan kesabaran yang tinggi, pemberian makanan pada burung gereja tadi akan memancing burung untuk bersarang disitu, sebab burung merasa mendapakan jatah makan yang cukup sepanjang waktu. Bila anda telah melihat burung gereja bersarang dan mulai membawa bahan sarang maka ini adalah pertanda bagus dan peternakan burung gereja anda mulai membuahkan hasil.

Perhatikanlah pergerakan burung yang keluar atau masuk sangkar glodok. Bila burung yang biasa berpasangan dan saat itu burung yang tampak hanya satu, maka bisa dipastikan yang satu ekor lagi sedang mengerami telur. Kemudian setelah 2 minggu telur akan menetas dan perhatikanlah burung mulai mencari makanan dan menyuapi anaknya, dimana indukan burung akan tampak saling menyuapi bergantian keluar masuk sarang. 

Setelah 2 minggu di suapi burung sudah besar, dan anda bisa mengecek glodoknya, di usia itu anda sudah bisa mengambilnya dan melanjutkan penyuapan agar burung menjadi lebih jinak dikemudian hari. Burung gereja anakan bisa disuapi dengan voer yang dibasahi atau anda berikan makanan khusus untuk menyuapi burung lovebird atau kenari. 

Burung yang sudah bisa makan sendiri atau yang baru anda panen dari sarang glodok tadi sudah bisa anda jual di pasar atau pecinta burung lainnya. Adapun perkiraan harga burung gereja bisa anda lihat disini

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala