Mengenal Burung Decu Batu (common stonechat)

Selama ini kita hanya mengenal Burung Decu yang disebut juga sebagai kacer mini merupakan keluarga burung Flycather yang memiliki bulu warna hitam bercampur putih dan memiliki kicauan yang sangat merdu. Berdasarkan penelusuran terkini, ternyata burung Decu memiliki kerabat baru yang merupakan bukan burung asli Indonesia, menurut informasi yang saya baca di web omkicau, burung Decu Batu (common stonechat) merupakan burung imigran yang menetap di kepulauan Nias - Sumatera Utara. Burung ini hijrah dari negara luar dan menemukan habitat yang cocok dengan sumber makanan yang tersedia, burung ini menyukai habitat semak belukar, pohon perdu dan kerap menyambar mangsanya seperti jangkrik kecil, belalang dan cacing tanah. 

Dari sini kita sudah jelas, karena menemukan habitat yang cocok dan sumber makanan yang tersedia sehingga burung Decu Batu mampir di Pulau Nias - Provinsi Sumatera Utara - Indonesia. Sedangkan negara asalnya menurut omkicau adalah dari negara Eropa dan Asia Barat Daya, adapun negara tujuan migrasi mereka saat pergantian musim dingin adalah negara bagian selatan, mulai dari Afrika, Tanah Arab, hingga Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Burung Decu Batu Jantan memiliki warna bulu yang bervariasi dengan corak yang lebih tegas, yaitu warna hitam di kepala hingga badan, leher berwarna putih dan dada berwarna orange. Sedangkan yang betina memiliki warna yang agak kusam tanpa warna hitam dikepala, warnanya cenderung berwarna cokelat di kepala dan badannya dengan sedikit bercak-bercak.

Untuk lebih mengenal Burung Decu Batu, inilah gambar yang saya peroleh...

Burung Decu Batu

Dengan mengenal burung decu Batu ini, semoga menjadikan pemahaman yang lebih luas terhadap ilmu pengetahuan kita tentang burung berkicau dan keaneka ragaman hayati kita. Untuk kelestarian lingkungan saya menghimbau burung ini biarkan tetap hidup bebas di alamnya, agar anak cucu  kita kelak tetap bisa menikmati kicauannya.

Salam kicau mania....


0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala