Tips Agar Burung Tledekan Cepat Berkicau

Merawat burung Tledekan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan merawat burung berkicau lainnya, namun agar burung Tledekan cepat berkicau, bunyi atau gacor memang ada tips tersendiri. Karena burung Tledekan tentunya memiliki sifat dan karakter yang berbeda dengan burung berkicau lainnya, Meskipun sama-sama petarung dan pemakan serangga seperti Burung Cendet, namun tledekan bukan tipe yang begituan. Bila ingin dicari kesamaannya Cara Merawat Tledekan mungkin bisa disamakan dengan burung Kacer atau burung Anis Merah. Kali ini Gembala News ingin menyampaikan tips ringan tentang Cara Agar Burung Tledekan Cepat Berkicau.

Burung Tledekan Rawatan
Sebelum mengetahui tips cara merawatnya, kita harus memahami karakter dan kebiasaan burung ini di habitat aslinya. Berdasarkan pengamatan saya, burung ini di habitatnya sangat suka bermain air di pagi hari dan sore hari, dalam hal ini mereka bisa mencari makanan atau mandi. Dalam petualangan saya ke Wisata Coban Rondo, saya kerap menemukan burung ini di hutan tersebut saat naik ke air terjun maupun ketika perjalanan mau pulang, sehingga saya menyimpulkan bila burung ini ternyata menyukai daerah gemericik air dan udara yang sejuk.

Adapun burung tledekan yang saya lihat itu adalah jenis Tledekan Gunung, sayangnya saat itu saya tidak berbekal kamera yang handal, sehingga jepretan kamera handphone saya tidak bisa menghasilkan gambar yang saya kehendaki, karena burung keburu terbang.

Kembali pada pokok permasalahan yaitu Tips Agar Burung Tledekan Cepat Berkicau :
  1. Tempatkan burung tledekan di lingkungan yang tenang, tanpa bising mesin maupun suara gaduh musik yang terus menerus.
  2. Terapi agar burng Tledekan cepat berkicau adalah dengan menempatkan burung tledekan diatas aquarium yang dipasangi evaporator, gemericik air aquarium mengkondisikan burung tledekan dialamnya, sehingga burung akan merasa nyaman dengan makanan yang tersedia dan lingkungan yang nyaman.
  3. Penjemuran burung Tledekan tidak perlu terlalu lama, setelah mandi cukup 1 jam atau setelah bulu-bulu kering, burung sudah dapat dimasukkan rumah atau di gantung diteras. 
  4. Siang hari boleh dikerodong, tapi setelah dijemur jangan langsung dkerodong, biarkan sekitar 30 menit ditempat yang teduh barulah kerodong dipasang.
  5. Seperti perawatan burung lainnya, Tledekan sebaiknya juga dimandikan secara rutin tergantung waktu luang anda, bisa setiap pagi, setiap malam, dua hari sekali di pagi hari, atau 3 hari sekali di malam  hari. yang penting terjadwal dengan konsisten, sehingga burung memiliki kebiasaan yang berkelanjutan.
  6. Agar burung cepat berkicau, tentu saja tidak lepas dari cara pemberian makanan, bila burung belum makan voer maka burung harus diberi UK yang dicampur Voer, selain itu burung juga perlu di kroto paling tidak seminggu sekali. Sebaiknya pemberian voer dua hari sekali. Jangkrik dapat diberikan 2 ekor pagi dan sore hari.
  7. Setelah semua hal diatas dilakukan, selanjutnya adalah pemasteran, karena pemasteran ini juga bertujuan untuk memancing Kicauan Tledekan. adapun jenis masteran yang wajib diperdengarkan setiap hari walaupun cuma sebentar adalah suara Burung Kenari, Suara Kacer atau Suara Murai Batu.

Itulah Tips Jitu yang dapat saya bagikan kali ini, semoga saja bisa menjadikan inspirasi bagi Ceklek Mania, karena burung ini memiliki gaya bertarung dengan ekor yang nyeklek, bahkan saat berkicau sendiri pun yang diawali dengan kicauan Tek tek tek tek... ekornya akan mulai dibuka dan digoyang goyang seperti goyangan artis dangdut - patah patah....

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala