Merawat Cendet Bakalan Bila Ditinggal Mudik Lebaran

Bulan Ramadhan telah memasuki pertengahan bulan, jadi lebaran pun tinggal dalam hitungan hari lagi, tak terasa ini sudah memasuki malam nuzulul qur'an, yang artinya tak lama lagi ramadhan akan segera berlalu. Seperti kebiasaan umat muslim di seluruh penjuru nusantara, hari itu banyak yang mudik ke kampung atau desa kelahiran untuk liburan dan sungkem dengan sanak keluarga tak terkecuali adalah Cendet Mania yang memiliki momongan atau gacoan  burung berkicau di Kota seperti Surabaya atau Jakarta.

Cendet Bakalan
Burung yang dipelihara oleh manusia kehidupannya sangat bergantung pada apa yang diberikan oleh manusia yang memeliharanya tak terkecuali adalah Burung Cendet yang telah jinak maupun Cucak Ijo yang masih bakalan. Sehingga burung yang masih bakalan akan membutuhkan makanan seperti yang ada di alamnya (hutan) di dalam sangkarnya, untuk itu sebagai kicau mania sudah seyogyanya bila kita menyediakan makanan kesukaan Cendet berupa serangga agar burung bisa bertahan hidup selama kita tinggal.

Cendet yang masih bakalan/bahan tidak bisa kita paksakan makan voer agar burung bisa bertahan hidup di dalam sangkar, Sehingga mau tak mau kita harus menyediakan serangga hidup di dalam sangkar yang cukup selama kita tinggal mudik lebaran. 

Adapun jenis makanan yang bisa kita sediakan selama ditinggal mudik seperti Jangkrik dan jenis Ulat. Sayangnya jangkrik tidak akan bertahan lama dalam wadah yang kita masukkan ke dalam sangkar, karena burung pasti akan segera memakannya, Ulat Kandang adalah jenis Serangga yang sangat mudah untuk kita berikan dan bisa bertahan selama beberapa hari selama kita tinggal mudik.

Hal-hal yang harus disediakan selama burung cendet ditinggal mudik selama 4 atau 5 hari :
  • 2 cepuk besar berisi air minum yang bersih
  • 2 cepuk besar ulat kandang yang dicampur dengan voer
  • Kerodong

Burung yang akan ditinggal mudik sebaiknya disediakan makanan dan minuman seperti diatas, kemudian burung di kerodong dengan kerodog yang agak tebal, kemudian burung diletakkan di dalam ruangan yang tidak begitu panas, agar burung tidak terlalu banyak minum sehingga 2 cepuk air putih bisa bertahan selama 4 atau 5 hari.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala