Harga Lovebird Jelang Puasa dan Lebaran 2014

Burung Lovebird adalah burung yang memiliki pesona keindahan dari bentuk wajah, warna bulu dan memiliki filosofi kehidupan yang patut untuk kita cermati karena burung ini memiliki kesetiaan yang bagus dengan pasangannya. Sayangnya para peternak burung lovebird menjelang Puasa dan Lebaran tahun 2014 mengeluhkan turunnya minat para pecinta burung lovebird, karena permintaan menurun maka secara otomatis harga juga terpaksa terjun bebas. Artinya kesetiaan pecinta burung lovebird pun teruji menjelang liburan dan tahun ajaran baru karena kebutuhan meningkat lebih dari dua kali lipat.

Putera Gembala mengamati dan terus memantau Harga Burung Lovebird dari hari ke hari, dengan data yang saya dapatkan Jelang Puasa ini banyak peternak yang menghancurkan harga pasaran burung lovebird karena kebutuhan, sementara kalau terpaksa di tahan yang ada hanyalah meningkatnya biaya perawatan dan makanan.

Saat-saat seperti ini adalah ujian terberat bagi peternak kecil, karena modal usaha yang kecil sementara biaya peternakan yang terus berjalan belum lagi biaya hidup yang terus meningkat. Bila hasil peternakan tidak langsung terjual karena pasar lagi sepi, tentu saja mereka akan menjual berapa pun daripada semakin lama semakin membengkak biaya perawatannya.  Lalu siapa yang diuntungkan? dalam hal ini tidak ada yang di untungkan kecuali mereka yang berkantong tebal.

Puasa dan Lebaran tahun ini sangat dekat dengan kenaikan kelas, kelulusan sekolah dan masuk sekolah baru, tentu saja kondisi seperti ini membuat penghobi mengurungkan niatnya untuk membeli burung Lovebird yang disukainya dan mengalihkan uang hobi tersebut untuk kebutuhan yang lebih penting. Hal ini sesuai dengan apa yang dikeluhkan pedagang PB kupang yang akhir-akhir ini banyak pengunjung PB yang hanya jalan-jalan daripada yg belanja atau membeli burung. 

Ternyata keluhan tidak hanya terjadi di pedagang burung di PB, berdasarkan pengamatan saya di Bursa Burung Online, banyak peternak burung lovebird yang mengobral burung lovebird dengan harga yang sangat murah dibandingkan 2 tahun yang lalu. 

Berdasarkan pengataman Gembala News, inilah Harga Burung Lovebird yang mengalami fluktuasi :

Lovebird Ijo Standard usia +/- 3 bulan : Rp. 150.000,- (harga borongan)
Lovebird Biru/ijo usia +/-2 bulan : Rp. 165.000,- (harga per ekor)
Lovebird Pastel Ijo usia +/- 2 bulan : Rp. 225.000,-
Lovebird Josan spasang persiapan : +/- Rp. 500.0000,-
Lovebird Pastel Kuning : +/- Rp. 550.000,- usia > 5bulan.

Burung Lovebird dengan warna-warna yang umum seperti itu pada umumnya dipasarkan dengan harga dibawah 200rb untuk usia 2 bulan lebih sedikit, sedangkan untuk yang sudah matang atau usia diatas 8 bulan dipasarkan diatas 250rb. 

Sungguh harga yang sangat tidak pantas tentunya bagi peternak burung lovebird, karena mereka telah bersusah payah merawat burung tersebut agar bertelur, mengeram, menetas dan merawat burungnya hinngga berusia mau makan sendiri.

Salam Lovebird Mania, by Gembala






0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala