Prospek dan Cara Berternak Burung Blackthroat

Burung Blackthroat merupakan burung pengicau asli dari Afika yang bertubuh kecil namun memiliki suara dengan volume yang lumayan keras. Kicauan Burung Blackthroat sangat bagus untuk masteran berbagai burung berkicau lainnya seperti Kenari, Cendet, Murai maupun Kacer. Harga Blackthroat yang terus melambung merupakan peluang usaha yang sangat bagus bagi pecinta burung. Sehingga prospek berternak burung blackthroat sangat bagus dan terbuka lebar.

Bayangkan saja dengan harga bakalan rata-rata 1jt per ekor, memiliki sepasang indukan yang mampu memproduksi 3-4 ekor anakan yang bisa di jual di usia 2 bulan tentu saja akan menjadi sumber pendapatan yang sangat menggiurkan.

Cara Berternak Blackthroat itu mudah...

Yang pertama tentu saja anda harus memiliki sepasang indukan, jika belum memiliki indukan maka pilihlah indukan yang baik dengan ciri ciri sebagai berikut :
  • Sehat, mulus, dan tidak cacat
  • Sorot matanya tajam
  • Lincah atau aktif bergera
  • Sudah mencapai umur dewasa kelamin.
Burung Blackthroat umumnya akan siap bereproduksi pada usia 6-8 bulan, namun akan lebih baik bila penjodohan dilakukan di usia se tahun atau lebih sehingga usia alat reproduksinya sudah benar-benar lebih matang. Bila Blackthroat jantan atau betina telah benar-benar siap untuk dijodohkan, barulah burung di satukan dalam satu sangkar penangkaran. Adapun model sangkarnya bisa seperti modal sangkar pok-pokan burung kenari.

Makanan Burung Blackthroat
Seperti halnya kenari, makanan utama blackthroat adalah biji-bijian, sayuran, serta beberapa makanan tambahan ( EF ). Pakan biji-bijian bisa Anda buat sendiri dari berbagai jenis pakan kenari, dengan formula sebagai berikut :

    Jewawut : 40 %
    Milet : 5 – 10 %
    Cannary seed : 35 %
    Biji sawi : 5 – 10 %
    Niger seed : 2 %
    Biji lobak : 3 %

Sayuran dan extra fooding
Selain pakan kering seperti dijelaskan di atas, blackthroat juga membutuhkan sayuran, buah-buahan, dan extra fooding (EF) sebagaimana kebiasaan mereka di habitat aslinya.

Sayuran dan buah-buahan yang diberikan untuk burung ini adalah diusahakan tidak memiliki banyak serat, misalnya sawi putih, selada air, oyong, apel, dan sebagainya. Adapun extra fooding yang bagus untuk blackthroat antara lain krotoe, telur puyuh, dan kuning telur ayam.

Bila burung belum mau berjodoh bisa di siasati dengan memisahkan Blackthroat Jantan dan betina dengan sangkar yang berbeda namun dapat saling melihat maupun dengan sangkar yang bisa disekat dan sekatnya dapat diangkat sewaktu waktu.

Bila burung Blackthroat telah berjodoh dan si betina telah membuat sarang, maka burung betina akan segera bertelur, kemudian mengeram. lamanya pengeraman sekitar 14-18 hari atau paling lama 21hari. Setelah mengeram burung jantan dapat diambil dan di kawinkan dengan betina lainnya, namun bila tidak memiliki betina lain, biarlah burung tetap dalam satu sangkar dan membesarkan anakan mereka hingga besar.

Itulah Cara singkat Berternak Burung Lovebird yang dapat kami tuliskan di Gembala News, semoga bermanfaat dan berguna untuk rekan-rekan sekalian.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala