Cara Merawat Burung Wambie (Hwa Mei)

Burung Wambie saat ini menjadi burung yang langka sehingga pecinta burung junior sangat mungkin tidak bisa menemukan burung ini yang sebenarnya, yang ada hanya file audionya atau gambarnya karena dalam penelusuran saya dipasaran, sangat sulit menemukan burung ini bahkan dibilang tidak ada. Kalau pun menemukan burung ini tentu saja dengan harga yang sangat tinggi. Namun demikian, agar seandainya suatu hari kita menemukan burung Wambie bisa merawat dengan baik, berikut ini saya ingin berbagi catatan perawatan berdasarkan metode perawatan dari berbagai litelatur.

Perlu diketahui bila makanan utama atau makanan alami burung Hwa Mei adalah berbagai jenis buah-buahan segar dan berbagai jenis binatang kecil dan serangga, sedangkan minum seperti biasa burung ini meminum segala air bersih. 

Tipe burung ini tidak terlalu suka cuaca yang ekstrim panas, untuk itu penjemuran hanya dilakukan selama 1-2 jam saja, itu pun cukup dipagi hari tidak lebih dari jam 10 pagi. Agar burung selalu sehat dan gembira, ada baiknya burung dimandikan dengan cara di keramba atau diberi bak mandi di dalam sangkarnya. 

Kebersihann sangkar adalah sesuatu yang sangat penting agar burung rajin berkicau (gacor), karena dengan sangkar yang bersih maka burung pun akan semakin sehat, dengan demikian usia burung akan lebih panjang bila dibandingkan di habitatnya. 

Penambahan multivitamin mutlak diperlukan bagi burung peliharaan, agar burung senantiasa lebih rajin makan dan memiliki ktahanan tubuh yang kuat, berbagai brand vitamin dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan dan modal, semua vitamin baik untuk burung agar burung lebih memiliki vitalitas.

Daily Cara Merawat Burung Wambie
  • Pagi jam 6 burung dikeluarkan dari rumah, gantung diteras atau ditempat terbuka yang bisa menyambut sinar matahari pagi.
  • Sekitar pukul 7 burung dimandikan dengan cara di keramba atau disemprot.
  • Kemudian burung diberi EF jangkrik 5 ekor, UH 3 ekor dan pisang segar setengah saja. Voer sebaiknya diganti atau ditambah yang baru.
  • Selanjutnya burung dijemur sekitar 2 jam lamanya.
  • Sebelum jam 10 burung di ambil dan diteduhkan, digantung diteras sambil kita dengarkan kicauannya jika sudah berkicau. jika belum menjelang tengah hari burung di istirahatkan dengan cara dikerodong, dalam keadaan dikerodong kemudian burung di masteri hingga sore hari ketika burung mau dirawat lagi.
  • Sore hari sekitar pukul 3 atau habis Ashar burung dikeluarkan, dijemur di matahari sore. kemudian sekitar pukul 4 burung diambil dan diberi EF jangkrik 5 ekor, sebelum pukul 5 sore burung dikerodong dan disimpan. Dalam keadaaan dikerodong burung juga perlu diputarkan suara masteran.

Itulah Cara Merawat Burung Wambie harian semoga bisa menjadi acuan yang bermanfaat untuk rekan-rekan sekalian. dan temukan berbagai tips cara merawat burung lainnya hanya di Gembala Neuws

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala