Cara Menyimpan EF Jangkrik, Kroto, UK dan UH

Bagi seorang kicau mania, baik itu pecinta burung cendet, pecinta burung kacer, pecinta burung prenjak, cucak ijo, teledekan maupun pecinta burung murai, ketersediaan EF setiap hari mutlak diperlukan agar burung rajin berkicau setiap hari maupun persiapan untuk lomba, kecuali anda ingin menggunakan Setingan Burung Rumahan seperti artikel kami terdahulu. Begitu pentingnya EF Jangkrik, Kroto, UK - Ulat Kandang dan UH - Ulat Hongkong maka kita harus menyimpannya dengan baik agar mampu bertahan lama, tidak mati atau tidak membusuk.

Mengingat masih banyaknya pecinta burung junior, kali ini Gembala news ingin berbagi tips Cara Menyimpan EF Jangkrik, Kroto, UK dan UH karena di banyak forum atau group banyak yang menanyakan teknik penyimpanan tersebut.

Jangkrik 
Jangkrik yang diberikan pada burung sebaiknya adalah jangkrik yang sehat dan hidup sehingga burung merasakan serangga segar yang lezat. Untuk menyediakan jangkrik segar itu bisa diperoleh dengan mencari di alam maupun memeliharanya dalam wadah khusus dan memberi makanan yang bersih dan sehat berupa sayuran seperti daun singkong, daun pepaya, daun sawi, kubis. 

Agar jangkrik tidak mudah mati sesuaikan populasi jangkrik dengan luas wadah jangkrik, karena bila tempat jangkrik terlalu sempit dan diberi jangkrik banyak, sifat jangkrik yang kanibal akan saling membunuh sesama jangkrik sehingga anda akan menemukan jangkrik mati setiap harinya. Selain itu kematian jangkrik bisa juga disebabkan sirkulasi udara yang cukup, untuk itu gunakanlah wadah jangkrik yang punya sirkulasi cukup baik.

Kroto
Menyimpan telur semut atau kroto umumnya di letakkan di dalam kulkas, dengan cara : Siapkan wadah dari tupperware atau wadah yang rapat, dasarnya diberi koran, kemudian kroto yang telah disiangi atau dibersihkan dari kotoran dan semut rangrang dimasukkan dalam wadah tersebut, tutup dengan rapat kemudian masukkan dalam kulkas (bukan freezer). 

Bagi yang tidak memiliki kulkas bisa juga menyimpan kroto dengan cara : beli kroto yg belum disiangi taruh di tampah/besek yg agak lebar digantung, gantungan nya diberi kain yg dibasahi oIi kasih daun mangga 2/3 lembar yg masih hijau,  setiap hari daun nya diganti. Wadah di gantung diberi oli agar Kroto tidak dimakan semut, karena musuh utama kroto adalah semut.

UK - Ulat Kandang
Larva serangga atau Ulat kandang umumnya disediakan untuk burung prenjak, ciblek, cendet, glatik dan aneka burung bakalan. Menyimpan UK harus hati-hati karena serangga ini banyak musuhnya yaitu semut dan cicak, meskipun harus aman namun harus memiliki sirkulasi yang cukup agar UK cukup mendapat udara. 

Untuk penyimpanan UK dalam 2-4 hari dapat dilakukan dengan cara : Beli UK 2rb kemudian masukkan dalam bak kecil yang bisa digantung, gantungan diberi kain yang dibasahi oli, kemudian bak kecil tadi taburi dengan voer agar UK bisa makan sehingga UK tidak mati. Selain voer anda juga bisa memberi Ketela atau singkong sebagai makanannya.

UH - Ulat Hongkong
Karena pemberian Ulat hongkong tidak sesering dan tidak sebanyak UK, maka jika beli UH dan menyimpan UH cukuplah seperlunya, tidak terlalu banyak. adapun cara menyimpan UH bisa diaplikasinkan dengan cara menyimpan UK seperti catatan kami diatas.

Itulah Tips Cara Menyimpan EF yang dapat kami bagikan disini, semoga bermanfaat untuk rekan rekan pecinta burung.


0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala