Cara Melatih Mental Kacer Bakalan

Burung Kacer yang rajin berkicau dirumah atau satu tempat belum tentu mau berkicau di tempat lain apalagi ditempat lomba karena burung tidak memiliki mental yang baik. Agar memiliki mental yang bagus burung kacer harus dilatih dengan penuh kesabaran mulai dari bakalan yang sudah jinak hingga burung akan terbiasa berkicau dimana pun tempat. Dengan latihan yang benar dan penuh ketelatenan burung akan menjadi kacer yang kuat mental baja. 

Berikut ini Gembala News mengutip pernyataan master burung kacer tentang cara Merawat atau Melatih Mental Kacer Bakalan hingga menjadi kacer yang rajin berkicau :

1. Menggantung Sangkar di tempat ramai dan berpindah pindah
Dengan membiasakan burung yang sudah jinak dan  mulai bunyi digantung di tempat yang ramai, aman dan sering di pindah dari satu tempat ketempat yang lain, di rumah, depan rumah, dilapangan, pinggir hutan, pinggir jalan dan di bawa gathering kerumah teman maka lama kelamaan burung akan memiliki mental yang bagus mau berkicau dimana pun tempat.

2.  Wadah pakan, minum dan tenggeran
Agar burung terbiasa di rumahnya (sangkar) maka alangkah lebih bijak bila tempat makan atau minum tidak di gonta ganti, selain itu letaknya juga jangan sering di tukar-tukar karena burung akan bingung. Selain faktor melatih penempatan wadah pakan dan tenggeran yang nyaman adalah syarat burung bisa memiliki mental yang bagus.

3.  Melatih Kacer dengan sering di trek
Sebelum benar-benar memasuki arena lomba ada baiknya burung juga di trek agar diketahui mentalnya bila berhadapan dengan burung kacer lainnya, ngetrek burung dapat dilakukan dengan 2 atau 3 burung kacer yang dapat dilakukan seminggu sekali atau dua minggu sekali.

4.  Sering di ajak jalan jalan ke Arena Lomba
Agar burung terbiasa ditempat yang ramai, mendengarkan kicauan burung lain yang keras dan beraneka ragam jenis burung maka burung harus sering dibawa ke arena lomba meskipun tidak ikut lomba, cukuplah burung di gantang di sekitar arena lomba dari kejauhan burung akan mendengar kicauan burung lain. Selain itu perjalanan ke arena lomba juga dalam rangka melatih mental burung agar tidak mudah stress di perjalanan.

5.  Perawatan harian dan pola makan
Agar burung rajin berkicau dan memiliki mental yang bagus Perawatan harian dan Pengaturan pola makan adalah hal yang sangat penting. Perawatan  harian yang rutin mulai dari pemandian, penjemuran, pengkrodongan, pemasteran, kebersihan sangkar dan pemberian pakan yang stabil setiap harinya. 

Itulah Tips Cara Melatih Mental Kacer Bakalan agar memiliki mental yang bagus dan berkicau dimana pun tempat, semoga bermanfaat untuk rekan rekan kacer mania sekalian. 
Salam Kicau Mania....


0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala