Terapi Burung Mabung atau Ngurak

Burung yang memasuki masa mabung membutuhkan suasana yang benar benar nyaman dan terpenuhinya nutrisi yang lebih tinggi daripada biasanya, bila terlalu panas pun masa mabung bisa tidak berhasil sehingga bulu yang dikeluarkan sebagai bulu baru malah lebih buruk atau keriting. Agar masa mabung berhasil ada baiknya burung perlu dilakukan terapi, seperti apa terapinya? berikut ini Gembala News  ingin berbagi catatan ringannya.

Metode terapi burung mabung yang bisa anda coba :
  • Karena burung dalam masa mabung butuh nutrisi mineral dan vitamin yang lebih banyak maka burung harus diberi EF 2x lebih banyak, di beri vitamin 2 hari sekali.
  • Bila cuaca terlalu panas burung dikerodong kemudian kerodong di semproti sampai basah sehingga membuat suasana di dalam sangkar menjadi lembab, yang menyebabkan burung berkeringat dan pori pori kulit lekas terbuka yang menyebabkan burung lepas trotol dan segera tumbuh bulu-bulu baru.
  • Terapi sauna seperti diatas dapat dilakukan dua hari sekali sampai burung benar benar merontokkan bulunya yang telah kusam dan berganti bulu baru.
  • Setelah terapi pun burung harus terus dikerodong hingga malam hari, kecuali untuk diberi makan, minum atau dibersihkan sangkarnya.
Itulah Terapi yang bisa anda coba untuk mempercepat masa mabung dan bulu burung segera berganti dengan bulu yang lebih bagus dan halus. Untuk tips merawat burung lainnya bisa anda lihat di Gembala News, selain itu anda juga bisa kirim email ke cahngawioke@gmail.com bila ingin mendapatkan tips merawat burung lainnya.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala