Perawatan Burung Kenari saat Ngurak atau Mabung

Mabung yang dalam bahasa inggris disebut dengan moulting merupakan siklus alami bagi seekor burung kenari maupun hewan unggas lainnya. Perawatan burung kenari dalam masa mabung sangatlah penting karena kesuksesan mabung dapat menentukan kualitas kicauan setelahnya, hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan seorang perawat burung kenari juara yang membagikan tips di omkicau, bahwa burung kenari yang bisa ambrol tuntas saat mabung dipastikan dalam kondisi sehat sehingga setelahnya burung akan gacor cor.

Setelah mencari tahu Cara Perawatan Burung Mabung Khusus Kenari dari berbagai referensi, berikut ini kami ingin membagikan kutipan Gembala news dari smartmastering untuk perawatan burung kenari mabung, bahwa : 

Burung kenari dalam masa mabung sangat membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dari kondisi normal, hal ini untuk menunjang sistem metabolisme tubuh yang meningkat tajam lebih dari empat puluh persen dari metabolisme normal. 

Dalam masa mabung, burung kenari sebaiknya di asingkan, dijauhkan dari keramaian dan jangan dipertemukan dengan burung sejenis. Karena bila bertemu dengan burung sejenis metabolisme tubuh akan terganggu karena burung ingin tarung dan dikhawatirkan b'rahi akan naik sehingga proses mabung akan terganggu.

Untuk perawatan harian selama masa mabung, dapat diterapkan seperti berikut :
  • Tempatkan burung di tempat yang sepi, jauh dari lalu lintas manusia. Sebaiknya burung lebih banyak dalam kondisi dikerodong.
  • Mandi cukup 1x seminggu saja dan jemur maksimal 30 menit/hari.
  • Pemberian porsi pakan tambahan diberikan lebih banyak karena sangat diperlukan  untuk pembentukan sel-sel baru dan untuk pertumbuhan bulu baru. Misalnya: Tambahkan biji Niger Seed, variasikan pemberian sayuran segar dan buah.
  • Berikan Vitamin dan Mineral yang berkualitas yang dicampur di air minum 2x seminggu.
  • Lakukan pemasteran. Masa mabung membuat burung lebih banyak pada kondisi diam dan mendengar. Inilah saat yang tepat untuk mengisi variasi suara sesuai dengan yang kita inginkan. Lakukan pemasteran dengan tepat, sesuaikan karakter dan tipe suara burung dengan suara burung master.

Beberapa masteran yang cocok buat kenari adalah :
Suara burung Blackthoat, Prenjak, Cililin juga suara belalang.
 


0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala