Cara Alami Membasmi Kutu Burung

Burung anda kutuan? semoga saja tidak terjadi. Namun anda harus waspada bila membeli burung dari pemelihara burung yang tidak peduli dengan kebersihan dan perawatan kesehatan lainnya. Berdasarkan pengalaman, saya pernah membeli burung dari pemelihara burung di desa, burung itu adalah burung cendet/pentet, dari pemilik awal burung itu tidak pernah dimandikan kecuali hanya di beri makan dan dibersihkan kotorannya bila ingat.

Dengan perawatan alakadarnya itu burung Cendet yang diberi nama dengan Ki Somad itu tetap berkicau meskipun tidak gacor. Namun begitu burung itu sampai dirumah pemilik kedua, tampak burung tersebut sering garuk garuk kepala dan di kepala hitamnya tampak bintik-bintik putih, akhirnya saya pun menyimpulkan bila burung cendet "Ki Somad" terserang kutu.

Setelah cari info sana sini akhirnya saya pun mendapatkan masukan agar burung cendet di obati secara alami agar tidak menanggung resiko kematian. Berikut ini pun kami menyampaikan catatan Putera Gembala tentang Cara Alami Membasmi Kutu Burung.

Basmi Kutu Burung Dengan Rebusan Daun Sirih
  • Rebus 7 daun sirih dengan air 1 liter, rebus hingga mendidih dan air berubah warna menjadi hijau tua.
  • Dinginkan air rebusan daun sirih
  • Kemudian semprotkan pada burung secara merata sampai basah kuyup, hingga masuk ke pangkal bulu.
  • Biarkan selama lebih kurang 1-2 jam agar kutu-kutu merasakan pahitnya daun sirih.
  • Bilas burung dengan memandikan air bersih.
  • Jemur burung hingga tengah hari.

Basmi Kutu Burung Dengan Air Cucian Beras (Leri)
Air leri memang tidak bersifat racun namun dengan menyemprotkan air cucian beras ini, kutu yang berada di pangkal bulu dan permukaan kulit akan merasa tidak nyaman karena licin, sehingga kutu dan telurnya akan rontok bila dikipaskan oleh burung. 
Untuk hasil terbaik dalam membasmi kutu burung secara alami, anda bisa mengkombinasikan menyemprot burung dengan Air cucian beras dan Air rebusan daun sirih. 

Dengan perawatan yang rutin dalam waktu seminggu Insya Allah burung akan bebas dari kutu dan burung akan merasa lebih fresh. Bila pembasmian dengan cara alami ini tidak juga membuahkan hasil atau kurang maksimal, anda bisa mempertimbangkan pembasmian dengan bahan atau obat kimia.

Begitu sulitnya membasmi kutu pada burung maka kami juga memberikan catatan bahwa Pencegahan akan lebih bijak daripada pengobatan. 

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review