Cara Merawat Burung Kacer Poci

Burung Kacer merupakan jenis burung pemakan serangga, di alam liar burung ini suka bersangkar di ujung pohon mati untuk berkembang biak, Suka mencari serangga dan hinggap di permukaan tanah, selain itu burung kacer juga gemar bermain air ditepian sungai untuk mandi dan mencari cacing. Namun perburuan yang merajalela mengakibatkan populasi burung ini semakin berkurang dan terus berkurang sepanjang waktu. Usaha penangkaran pun terus dikembangkan oleh penghobi burung untuk menghindari kepunahan dan memenuhi kebutuhan pasar penghobi burung. Berikut ini Putera Gembala akan membagikan tips Cara Perawatan Burung Kacer Poci.

Burung Kacer Poci dikenal juga dengan burung Kacer Sumatera, memiliki warna kombinasi hitam di kepala, leher, punggung hingga ekor Variasi warna putih dibagian perut hingga ekor bagian bawah. Burung Kacer Poci bila berkicau akan meliuk liukkan ekornya dan mengembangkan ekornya dengan sangat indah, seindah kicauannya. Merawat burung kacer Poci sangatlah mudah apalagi yang sudah jinak karena hasil peternakan yang sudah makan Vour.

Perawatan Burung Kacer Poci ala Putera Gembala :
  • Setiap pagi sekitar pukul 7 burung dikeluarkan dari rumah atau kamar, untuk mendapatkan cahaya matahari pagi agar burung menjadi sehat. Di angin-anginkan 15 menit kemudian di mandikan sampai puas. Selesai mandi burung di beri EF Jangkrik 3 ekor. Kemudian jemur hingga pukul 9 bila ada waktu. tapi bila harus bekerja cukup sampai pukul 8, kemudian burung di angin anginkan diteras sebentar terus di kerodong kembali dan letakkan burung di kamarnya hingga kita pulang kerja. 
  • Setelah pulang kerja sekitar jam 4 sore burung dikeluarkan lagi dari kamarnya, diangin anginkan di teras dan diberi Jangkrik 3 ekor. Menjelang Magrib burung di kerodong kembali dan disimpan di ruangannya.
  • 3 hari sekali berikan kroto segar 1 sendok teh sebagai makanan tambahan, meskipun ada yang memberi Kroto setiap hari namun Putera Gembala tidak melakukannya karena harga kroto yang mahal dan terkadang tidak mendapat jatah di penjual kroto.
  • Mandikan burung 2 hari sekali, agar waktu anda tidak terlalu tersita diburung saja, karena saya yakin anda memiliki kesibukan lain selain harus merawat burung kacer kesayangan anda.
  • Bila burung mau di trek atau mau dilombakan, 2 hari sebelumnya berikan Ulat Hongkong (UH) 5 ekor di setiap sore untuk menaikkan b'rahi dan keberanian selain pemberian kroto disetiap pagi.
Itulah Tips Merawatan Burung Kacer Poci Putera Gembala, dengan perawatan yang rutin dan sabar Insya Allah anda bisa menghasilkan burung Kacer yang rajin berkicau dan handal di gantangan. perlu di ingat juga bila burung yang rajin berkicau dan siap di latberkan adalah burung yang telah jinak. Jika burung Kacer anda belum jinak maka jangan berharap burung akan berkicau sesuai harapan.


Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala