Cara Merawat Burung Kacer Mabung/Ngurak

Burung kacer/poci akan mengalami tahapan pergantian bulu atau mabung pada waktu tertentu yang biasanya terjadi pada saat pergantian musim. Masa mabung adalah masa yang membutuhkan perhatian khusus agar mabung segera tuntas dan berakhir dengan hasil yang baik. Mengapa bila saatnya mabung tiba Burung kacer butuh di rawat secara khusus? Karena tidak jarang kami temukan Kacer Mania yang mengeluh karena burungnya tidak Ngurak secara sempurna yang akhirnya bulu bulu menjadi rusak dan macet bunyi.

Untuk membantu teman teman yang ingin merawat burung kacer pada saat memasuki masa ngurak/mabung, berikut ini Gembala News akan berbagi pengalaman tentang Cara Merawat Burung Kacer Mabung.

Perawatan Burung Kacer Ngurak/Mabung :

  1. Sediakan ruangan khusus untuk burung dapat beristirahat selama proses mabung berjalan, usahakan tidak ada hal-hal yang dapat menganggu ketenangan burung, seperti suara berisik, gangguan binatang predator, lalu lalang orang.
  2. Senantiasa burung dikerodong (Full kerodong) kerodong hanya dibuka pada saat pemberian makanan atau pengantian minuman burung.
  3. Pada proses ini burung tidak dimandikan.
  4. Berikan asupan pakan yang bermutu dan tercukupi, seperti halnya pemberian voer yang bermerk, kroto, jangkrik
  5. Lakukan proses pembersihan dasar kandang 2 atau 3 hari sekali.
  6. Pemberian Vitamin dan Mineral adalah mutlak pada saat proses mabung.
  7. Penjemuran tidak dilakukan hingga proses Mabung selesai

Proses ini bisa memakan waktu hingga 2 sampai 3 bulan tergantung pada kondisi burung dan asupan pakan yang diberikan selama burung mengalami proses mabung.

Pada intinya, kesabaran dalam Perawatan adalah kunci sukses untuk menghasilkan burung yang rajin berkicau dan handal di perlombaan.

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review