Cara Melatih Ciblek Liar Makan Voer

Cara Melatih Ciblek Liar Makan Voer  merupakan suatu upaya yang bisa kita lakukan agar burung ciblek bisa bertahan hidup lebih lama selama dalam perawatan manusia. Karena burung yang makan voer lebih mudah disediakan makanan, padahal makanan utama burung ciblek adalah serangga kecil dan telur semut nangkrang. Memelihar burung pemakan serangga akan lebih mudah dan irit biaya bila mau makan voer, meskipun Ciblek harus tetap diberi serangga agar hidup lebih sehat dan gacor.

Burung Ciblek yang dipelihara sejak masih lolohan sangat mungkin hanya makan voer bisa bertahan hidup dalam waktu yang lama karena kebiasaannya, namun untuk Ciblek liar yang baru ditangkap atau baru dibeli di pasar tentu akan sangat sulit bisa bertahan hidup bila langsung diberi voer saja. Butuh waktu dan kesabaran agar burung mau makan voer.
  • Untuk mempercepat dan mempermudah proses melatih ciblek liar mau makan voer berikut ini saya memiliki catatan khusus yang tergolong sederhana :
  • Burung Ciblek diberi Kroto full selama 3 hari dalam wadah yang ditempatkan ditempat yang sama. agar burung hafal bila itu adalah tempat makannya.
  • Di hari keempat, kroto dicampur dengan tepung voer atau voer yang dihaluskan, selain itu bisa juga kroto yang dicampur air (namun cara ini kroto akan cepat basi, jadi setelah 6 jam sebaiknya diganti dengan adonan baru).
  • Adonan kroto dan voer  yang dicampur dilakukan secara terus menerus, namun setiap harinya jumlah kroto dikurangi, hingga tanpa disadari burung akan voer sepenuhnya.

Itulah Cara yang pernah saya terapkan dalam memelihar ciblek agar mau makan voer, dalam waktu 1 bulan burung sudah ngevoer, namun tetap saja burung harus di beri UK setiap hari diwadah yang berbeda dalam jumlah tertentu yang kira-kira habis pada pukul 12 siang. Selain pemberian UK setiap hari, kroto juga tetap diberikan seminggu 2 kali agar burung semakin rajin berkicau..

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala