Jenis Jenis Burung Anis di Indonesia

Burung Anis merupakan jenis burung yang hidupnya paling sering ditemukan di daerah rawa-rawa, lahan basah dan hutan yang jarang dijamah manusia karena burung ini gemar memakan cacing dan kelabang sebagai makanan favoritenya selain serangga lain seperti belalang dan ulat. Burung Anis yang paling populer di Indonesia bagi kicau mania adalah Burung Anis Merah yang punya nama lain Punglor Bata dan Anis Bata. Karena burung ini memiliki kicauan yang merdu dengan gaya mabok atau teler sebagai ciri khasnya.

Dalam pemeliharaan, ternyata burung anis juga makan voer, serangga jangkrik, ulat hongkong, kroto, buah pepaya dan Apel, selain itu juga doyan makan Cacing Tanah.

Untuk  menambah wawasan kita dan para kicau mania di Indonesia, kali ini Gembala News ingin berbagi informasi tentang Jenis-Jenis Burung Anis  yang kita kenal dan hidup di Indonesia. Namun beberapa diantaranya saya yakin banyak yang tidak dikenal oleh Anis Mania karena termasuk burung yang sudah langka atau kicauannya kurang menarik.

Inilah, Jenis Jenis Buruang Anis di Indonesia :
  1. Anis Buru
  2. Anis Cacing
  3. Anis geomalis
  4. Anis Gunung
  5. Anis Hutan
  6. Anis kening
  7. Anis Merah
  8. Anis nusa tenggara
  9. Anis punggung-merah
  10. Anis siberia
  11. Anis sisik
  12. Anis sulawesi
Untuk mengetahui beberapa deskripsi tentang burung Anis yang di Indonesia, berikut ini kami juga sampaikan gambar dan habitat burung anis berdasarkan nama dan asalnya.

Anis Buru
Anis Buru
Anis buru ( Zoothera dumasi ) adalah spesies burung di keluarga Turdidae . Burung ini adalah endemik di pegunungan hutan hujan di Pulau Buru di Indonesia . Burung ini secara tradisional kadang dijadikan satu dengan jenis termasuk Anis Seram (Zoothera joiceyi) sebagai subspesies , dalam hal ini nama umum dari 'spesies gabungan' adalah burung Anis Maluku.

Badan Anis buru berukuran agak kecil (17 cm). Tubuh bagian atas berwarna coklat zaitun yang seragam, dengan punggung bawah hitam yang melebar sampai ke dahi, sisi kepala dan leher; bintik-sayap tunggal putih; palang lebar hitam pada perut dan sisi tubuh tidak teratur; penutup ekor bawah putih.

Anis Geomalia
Anis Geomalia (Geomalia heinrichi) adalah spesies burung dalam famili Turdidae. Burung ini endemik di Indonesia dan hanya ditemukan di hutan primer Pulau Sulawesi di atas ketinggian 1700 meter dari permukaan laut.

Anis Gunung


Anis Merah
Anis Merah (punglor bata)

Orange-headed Thrush (Zoothera citrina) merupakan burung dalam keluarga thrush. Burung ini mendiami daerah berhutan benua India dan Asia Tenggara. Spesies ini berkembang biak di tempat yang lembab teduh. Orange-headed Thrush (Zoothera citrina) adalah omnivora, makan berbagai serangga, cacing tanah dan buah. Burung ini bersarang di pohon.

Jantan thrush kecil memiliki upperparts seragam abu-abu, dan kepala oranye dan hamster. Betina dan burung muda memiliki bagian coklat atas.

Anis Punggung Merah
Anis Punggun merah (punglor kembang)

Anis punggung merah (Zoothera erythronota) adalah spesies burung dari keluarga Turdidae. Secara tradisional, termasuk Anis Merah ( Z. mendeni ) sebagai subspesies. Burung ini endemik di Sulawesi Indonesia dan pulau-pulau sekitarnya termasuk Buton dan Kabaena. Bila kita lihat gambar diatas maka Anis Punggung Merah ini disebut juga dengan Burung Anis Kembang.

Burung ini berukuran 19 sampai 21 cm. Tubuh bagian atas dari mahkota sampai tunggir merah-kadru; sayap hitam dengan dua garis putih yang lebar; pada muka terdapat noktah putih di depan dan belakang mata; tenggorokan dan dada hitam; perut putih berloreng hitam. Sub-spesies kabaena mirip dengan sub-spesies utama, tetapi bagian mahkota dan punggung hitam.

Anis Sulawesi
Anis Sulawesi

Anis sulawesi (Cataponera turdoides) adalah spesies burung dalam famili Turdidae. Burung ini endemik di Indonesia dan hanya di temukan di hutan dataran tinggi Pulau Sulawesi di atas ketinggian 1100 meter dari permukaan laut. Dari gambar diatas tampak jelas bila anis sulawesi memiliki paruh yang berwarna merah yang tajam, mata juga dikelilingi dengan selaput berwarna merah sedangkan bulu-bulu dominan berwarna hitam kusam.

Diantara sekian banyak Jenis Burung Anis, dua diantaranya adalah yang paling populer dan banyak di pelihara oleh kicau mania yaitu Anis Merah dan Anis Kembang. Semoga artikel burung ini anis ini bermanfaat sebagai bahan bacaan dan ilmu fauna yang berguna, artikel dan foto berdasarkan kutipan kami berbagai sumber di internet dan wikipedia. Temukan artikel burung beserta cara merawatnya hanya di Gembala News






0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala