Merawat Burung Kemade atau Keresan

Burung Kemade / cabe cabean jawa / keresan merupakan jenis burung pemakan buah dan serangga kecil sejenis ulat. Burung kemade sangat sering kita jumpai di pepohonan baik di desa maupun diperkotaan, burung kemade masih cukup banyak habitatnya di kota Surabaya dan mungkin juga dikota lain, untuk menjaga kelestariannya lebih baik biarkan burung ini terbang bebas di pepohonan dan kita dengarkan kicauannya di alam langsung.

Bagi yang ingin merawat burung kemade lebih baik memilih yang masih anakan, karena kemungkinan untuk mau hidup lebih besar dibandingkan burung kemade yang sudah besar. anakan kemade yang kami maksud adalah burung kemade yang masih lolohan. 

Makanan pokok burung kemade adalah buah-buahan, untuk itu jangan melewatkan buah barang sehari pun karena burung ini sangat rentan sakit bila tidak makan buah buahan. Cerecetan burung kemade sangat cocok untuk didengarkan maupun dijadikan masteran burung Cendet maupun burung Lovebird.

Peliharalah burung kemade yang jantan, karena si jantan lebih rajin berkicau dan memiliki isian yang beragam. Untuk membedakan kemade jantan atau betina, lihat gambar dibawah ini :


Cara merawat burung kemade secara umum sama dengan cara merawat burung kicauan lainnya, yang terpenting adalah konsisten dan sabar, yang terpenting adalah sediakan buah pisang kepok putih dan air minum yang bersih di wadahnya. 

Dengarkan kicauan Kemade Gacor

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala