Cara Merawat Ciblek/Prenjak Putih Liar


Burung Ciblek/Prenjak Putih merupakan salah satu burung yang hidupnya di persawahan dan semak semak, Kicauan Burung Ciblek sangat nyaring dan keras sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi kicau mania untuk dijadikan peliharaan pengobat kangen, tujuan lomba maupun pemaster terbaik untuk burung kicauan lainnya. Ada banyak cara merawat ciblek liar, berikut ini gembala news ingin berbagi catatan cara merawatnya berdasarkan pengalaman dan sharing sahabat kicau mania.

Cara Merawat Ciblek/Prenjak Putih Liar Hasil Tangkapan Hutan atau beli di pasar burung :
  • Setiba dirumah segera beri makanan kesukaannya yaitu Ulat Kandang di cepuk, jangan lupa berikan juga air minum yang bersih.
  • Agar tidak nabrak jeruji sangkar, burung perlu untuk di kerodong atau di tutupi koran sangkarnya, sampai burung merasa nyaman dan mau makan UK di sangkar.
  • Setelah dikarantina selama 1 minggu, lakukan proses penjinakkan dengan pemandian dipagi hari (sekitar pukul 06.30), kemudian jemur 30 menit baru diberi makan UK + Kroto.
  • Dengan kondisi kerodong terbuka letakkan burung di teras agar terbiasa dengan aktifitas manusia.
  • Setelah sore hari burung kembali di kerodong, namun periksa terlebih dahulu kondisi pakan dan minumnya. jika kurang tambahkan atau diganti.
  • Besoknya juga demikian, lakukan pemandian jemur sebentar kemudian gantung di bawah pohon agar burung seakan hidup dialam yang tersedia makanan disangkarnya

  • Dengan  perawatan yang rutin, Burung Ciblek akan cepat berkicau meskipun awalnya hanya berkicau bila tidak ada manusia, lama kelamaan juga akan terbiasa dengan manusia asalkan sering di letakkan di dekat aktivitas manusia.

Itulah Tips Cara Merawat Ciblek/Prenjak Putih dari Gembala News, semoga bisa menjadi bahan bacaan yang menarik untuk sahabat kicau mania. Untuk membuat burung berkicau hal yang paling penting dilakukan adalah membuatnya Jinak (tidak takut manusia), memberi makanan kesukaan dan memberinya nutrisi yang tepat untuk menjaga stamina agar tetap sehat. Selain itu konsistensi dalam perawatan juga sangat diperlukan.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala