Membedakan Batu Permata Asli dan Sintetic

Batu Permata, Batu Mulia, Diamond, Akik dan berbagai istilah lainnya memiliki keanekaragaman bentuk, warna dan keunikan. Begitu sulitnya mencari batu permata asli dari alam mengakibatkan orang berfikir untuk menciptakan Batu Permata Buatan (Sintetis). Bagi orang awam tentu akan kesulitan untuk membedakan antara batu alam asli dengan batu sintetis. Terkadang batu sintetis dibuat sedemikian halus sehingga bentuknya lebih indah dari aslinya (tentu ini adalah penilaian orang awam).

Bagi yang sudah mendalami batu mulia asli dari alam dalam waktu yang lama tentu tidak akan sulit untuk membedakan Batu Permata Asli dan Sintetic, Berikut ini Putera gembala ingin berbagi catatan tentang cara membedakannya agar anda dan seluruh pecinta Batu Permata merasa tidak tertipu.

  1. Batu Permata Asli dari alam memiliki keunikan yang tiada duanya, meskipun sama warna namun di dalam batu itu akan ditemukan Inklusi yang berbeda antara batu satu dengan batu lainnya, yang mana inklusi itu tidak akan ditemukan pada batu sintetis. yang dimaksud inklusi adalah adanya garis retakan, gelombang, titik titik samar sehingga membentuk sesuatu pola yang tidak bisa digambarkan dalam bentuk yang sama atau kembar. inklusi juga bisa berupa bayangan cahaya bila dipandang dari sudut yang berbeda akan tampak berbeda pula.
  2. Menurut pengalaman dan penuturan pengamat batu permata lain, untuk menguji batu permata asli atau sintetis bisa dengan menggunakan tetesan air. Caranya : Teteskan air pada bidang yang datar batu tersebut pada bagian yang halus atau bagian atasnya. Bila tetesan air tersebut menggumpal seperti air di atas daun talas maka itu di identifikasi sebagai batu asli dari alam, sementara bila tetesan air itu ambyar atau memedar maka itu diprediksi adalah batu sintetis.
  3. Ada juga pengamat batu mulia yang menuturkan bila Batu Permata yang asli tidak akan tergores bila digosokkan di pasir, sementara batu sintetis akan membentuk goresan pada permukaannya sehingga lama kelamaan batu sintetis akan memudar dan tampak lebih buruk, sedangkan Batu Mulia Asli sampai kapan pun warnanya tidak akan berubah kecuali pecah karena benturan pada sudut yang rawan.

Itulah tiga cara membedakan Batu Permata Asli dan Sintetic yang dapat putera gembala sampaikan kepada rekan rekan pecinta batu permata sekalian. Semoga bermanfaat...
 

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala