Burung Tiba Tiba Membisu

Sahabat Kicau Mania mungkin pernah mengalami membeli burung dari pasar atau dari teman yang sudah rajin berkicau namun tiba tiba burung membisu begitu tiba di rumah anda. Tentu ini menjadi boomerang dan membuat anda bingung. Berikut ini Putera Gembala memiliki catatan pribadi tentang mengapa burung tiba tiba membisu.

Burung tiba tiba membisu disebabkan oleh :

Proses Adaptasi
Burung yang baru tiba dilokasi baru biasanya butuh waktu untuk beradaptasi, sehingga dia hanya akan diam atau berkicau seadanya.

Stress Akibat Perjalanan Jauh
Burung yang awalnya berkicau rajin tiba tiba terdiam ditempat baru selain butuh adaptasi lingkungan baru, mungkin saja burung mengalami stress karena perjalanan jauh, apalagi dalam perjalanan burung hanya ditempatkan diruang kardus yang sempit. Untuk itu disarankan dalam transportasi, burung tetap ditempatkan disangkarnya namun harus di kerodong.

Kurang B'rahi
Karena mendapat perawatan yang berbeda, performance burung menurun bahkan macet bunyi, sangat mungkin burung kurang b'rahi atau malah OB (over brahi). untuk masalah ini anda bisa tanyakan pemilik awal tentang Metode perawatan dan Setelan pakannya agar burung kembali pada jalur performancenya.

Menjelang Mabung
Kebanyakan burung berkicau akan mengalami masa ganti bulu, ngurak,  Mabung (moulting), dimasa itu burung biasanya akan tidak berkicau, atau berkicau namun tidak seperti biasanya, hal ini wajar karena burung membutuhkan nutrisi untuk pergantian bulu baru sehingga performa burung menurun. ditemukannya bulu yang rontok itu adalah tanda tanda burung akan Ngurak, untuk itu sebagai pemilik burung kita harus cermat keadaan burung.

Lemah Mental
Burung yang dirumah rajin berkicau bahkan Gacor namun di lapangan (area lomba) burung tidak mau berkicau hanya loncat kiri dan loncat kanan atau hanya diam membisu bisa jadi burung anda tidak siap mental untuk berkicau. Untuk itu latihan bersama ditempat yang berbeda dengan beberapa burung bisa menjadi latihan untuk menguatkan mental. Memindahkan burung di tempat yang berbeda beda juga menjadi solusi untuk menguatkan mental burung mau berkicau dimana pun tempat.

Itulah beberapa penyebab burung mengapa tiba tiba membisu, dengan mengetahui sebabnya maka kita bisa mengetahui cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan burung Kicauan anda lekas berkicau kembali.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala