Penanganan Burung Setelah Perjalanan

Sahabat Kicau Mania tentu sudah tidak asing lagi dengan bawa membawa burung dari satu tempat ketempat lain, baik dengan sangkar maupun terpaksa menempatkannya ke dalam kantongan atau kardus khusus buat burung. Berikut ini Putera Gembala akan berbagi pengalaman tentang penanganan burung pasca perjalanan, Semoga catatan ringan ini berguna untuk kicaumania junior.

Setelah burung tiba ditempat tujuan, burung jangan langsung dipindahkan dari tempatnya, biarkan beberapa menit di dalam wadahnya agar burung menyiapkan mental  untuk bertahan di tempat yang baru dengan mendengarkan apa saja yang ada disekitarnya. 

Beberapa menit kemudian keluarkan burung dari wadah transportasi, kemudian masukkan ke dalam sangkarnya. berikan makanan dan minumnya, berikan extra food secukupnya untuk meningkatkan stamina agar burung segera sehat. 

Setelah burung memakan Extra Foodnya, kerodong burung dan tempatkan ditempat yang teduh. agar burung belajar beradaptasi dengan lingkungannya dibalik kerodongnya. Karena bila langsung dibuka terus burung bisa ketakutan dengan lingkungan barunya.

Esok harinya, burung jangan langsung dimandikan, karena kondisi burung yang belum prima, bisa-bisa burung malah sakit. di hari kedua burung dipertimbangkan bisa dimandikan, itu pun bila burung sudah tampak prima dan sehat.

Itulah tips dari kami tentang Cara Penanganan Burung Setelah Perjalanan, terutama yang baru dimasukkan dikantong kertas maupun kerdus khusus burung. Sedangkan untuk burung yang tetap di sangkar selama perjalanan dengan mobil, tentu tidak begitu pengaruh kesehatannya. Bahkan burung yang sering dipakai lomba juga dibawa dengan sangkarnya saat perjalanan, baik dengan mobil maupun R2.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala